SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN MODERN PADA UMKM

Authors

  • Vivi Yosefri Yanti Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Rita Zunarti Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Silfia Indriyani Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.55171/apjms.v12i2.1411

Abstract

Meskipun potensi media sosial sangat besar, tidak semua UMKM dapat mengoptimalkannya secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena dalam analisisnya menggambarkan suatu fenomena terkait dengan peran media sosial dalam meningkatkan strategi pemasaran modren pada UMKM. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini adalah Systematic Literature Review (SLR) adalah metode penelitian yang dipakai untuk mengidentifikasi, hasil penelitian yaitu media sosial memungkinkan pelaku UMKM untuk merespons konsumen secara instan, misalnya melalui chat atau balasan di story. Hal ini sangat kontras dengan pemasaran konvensional yang sering kali lambat dalam menanggapi kebutuhan atau pertanyaan pelanggan, karena bergantung pada media fisik atau perantara manusia. Berdasarkan hasil Systematic Literature Review terhadap berbagai studi tahun 2022–2025, dapat disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan strategi pemasaran modern pada UMKM di Indonesia. Platform seperti Instagram, TikTok, WhatsApp Business, dan Shopee Live terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar, memperkuat interaksi dengan pelanggan, serta meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan. Selain itu, media sosial juga memungkinkan UMKM untuk menerapkan strategi promosi yang lebih terukur, hemat biaya, dan adaptif terhadap dinamika pasar digital. Dengan demikian, pemanfaatan media sosial bukan hanya menjadi alat komunikasi, tetapi telah berkembang menjadi pilar utama dalam transformasi pemasaran digital UMKM yang berdaya saing tinggi di era ekonomi berbasis teknologi.

References

Afrianti, U., Isa Anshori, M., & Andriani, N. (2024). Digitalisasi Marketing Melalui Instagram dan Facebook Ads Dalam Meningkatkan Skala Usaha UMKM: Systematic Literatur Review. Jurnal Masharif Al-Syariah, 9(1), 188–189. Retrieved from https://www.doi.org/10.30651/jms.v9i1.21058

Asniar, I., Afrida, Y., & Sari, M. (2024). Penerapan Teknologi Feeder Untuk Pewarna Kain Dan Strategi Pemasaran UMKM Batik Tulis Assyafa Lampung, 4(2), 310–320.

Ayokunmi, L. A., Abu Seman, N. A., Rashid, U. K., & Mohamad, A. (2025). The Role of Social Media Marketing as an ICT Tool in Improving Supply Chain Sustainability of SMEs: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, 253, 1392–1401. https://doi.org/10.1016/j.procs.2025.01.201

Bora, M. A. (2025). SOSIALISASI TEKNOLOGI DIGITAL BAGI PELAKU UMKM KECAMATAN, (January). https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i1.3567

Dan, K., Terhadap, D., & Penjualan, K. (2025). Strategi penguatan marketing skill di era digital: analisis kompetensi dan dampaknya terhadap kinerja penjualan, 2(2), 393–404.

El, C., Syafitri, D., Islam, U., Sumatera, N., Nawawi, Z. M., Universitas, D., … Utara, S. (2025). PERAN STRATEGIS PENGEMBANGAN MARKETING SKILL UMKM DI ERA PERSAINGAN DIGITAL YANG SEMAKIN, 2(3), 455–465.

Esty Purwanti, A., & Lupiana, F. (2023). Peran Sistem Informasi Pemasaran dalam Mengelola Proses Pemasaran Melalui Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 88–102. https://doi.org/10.51903/jimeb.v2i2.607

Galib, M. (2024). JOURNAL OF ECONOMICS AND REGIONAL SCIENCE Transformasi Digital UMKM : Analisis Pemasaran Online dan Dampaknya terhadap Ekonomi Lokal di Indonesia, 4(2), 115–128.

INDEF. (2024). PeranPlatformDigitalTerhadapPengembanganUmkmDiIndonesia, 10–40.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46

Jundrio, Harry, et al. (2023). Bisnis Digital. Eureka Media Aksara. Retrieved from https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/566881-bisnis-digital-3a92d9b0.pdf

Keuangan, L., & Desa, D. I. (2024). PEMASARAN DIGITAL UMKM SERTA PERANAN LEMBAGA KEUANGAN DI DESA IKER-IKER GRESIK, 3(5), 47–53.

Machmuda, A., Burhanudin, M. A., Ahman, E., & Mulyadi, H. (2022). Teaching Factory In Vocational Highschool : Bibliometric Analysis. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 63–71. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.42385

Mohamad, M. (2024). Pengaruh Pemasaran Media Sosial , Pemasaran Even dan Persepsi Publik Minat Beli serta Keputusan Pembelian Koran Harian, 20(2), 428–441.

Oktavia, R. (2025). PENGELOLAAN PENDIDIKAN YANG EFEKTIF : TANTANGAN DAN SOLUSI UNTUK MASA DEPAN yang berkualitas dan berkelanjutan ( Parid & Alif , 2020 ). Dalam era globalisasi dan Meningkatkan kompetensi pendidik melalui pelatihan yang relevan dengan kebutuhan era digital , 6(1), 836–846.

Panjalu, J. F., Muslikhah, R. S., & Utami, T. L. W. (2024). Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(1), 69–79. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109

Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695

Philip Kotler et al. (2016). Digital Business Strategy: A Guide to Thriving in the Digital Age. Pearson Education. https://doi.org/10.1016/B978-0-13-458139-2.00001-4

Philip Kotler et al. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons. https://doi.org/10.1002/9781119512537.ch1

Ranjani, E., Fasa, M. I., & Susanto, I. (2024). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI INDONESIA IMPLEMENTATION OF DIGITAL MARKETING AS A MARKETING STRATEGY TO IMPROVE THE COMPETITIVENESS OF UMKM IN, (November), 7443–7452.

Rostina, Hartini, & Devilla, R. (2021). "Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Inovasi Produk. Jurnal Ilmiah Pena, 15(02), 43–47.

Sandiva, T. V. (2024). Analisis Pengaruh Digital Marketing terhadap Pertumbuhan Penjualan UMKM Tinjauan Menggunakan Metode Systematic Literature Review, 4(September), 85–93.

Santoso, E., & Utamajaya, J. N. (2025). ANALISISA DIGITAL MARKETING “ NGE LIVE YUK ” TERHADAP PENJUALAN PRODUK UMKM TINJAUAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW, 3(2).

Sinambela, J. L., & Sinaga, J. (2024). Dampak YouTube Shortsterhadap Pola Pikir dan Tingkah Laku Peserta Didik. Jimad: Juranla Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 31–43.

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wahyu, F., Veri, J., & Komputer, F. I. (2024). ANALISA TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING BISNIS UMKM MELALUI PEMANFAATAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING : TINJAUAN, 7, 398–405. https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1423

Widodo, A. A., & Putri, A. A. (2024). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Strategi Digital Marketing Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis Digital UMKM Di Era Modern, 2, 267–272.

Yanti, V. Y. et al. (2024). EDUKASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN DAN PEMASARAN BATIK DESA PURWO BAKTI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 194–201. Retrieved from https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526

Downloads

Published

2025-08-26

Issue

Section

Artikel