PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DEUMDEE CAFE RANGKASBITUNG

Authors

  • Pipin Suryanisari Universitas La Tansa Mashiro, Rangkasbitung
  • Andrian Prasetyo Universitas La Tansa Mashiro, Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.55171/apjms.v10i2.974

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality and customer satisfaction on customer loyalty. Product Quality (X1) and Consumer Satisfaction (X2) are independent variables and Customer Loyalty (Y) is the dependent variable. The research method used in this research is quantitative method. The population used in this study were 95 customers of Cafe Deumdee Rangkasbitung. The number of samples used in this study were 95 respondents using the slovin method. The data used in this study is primary data, namely by distributing questionnaires to respondents. The scale used is the Likert scale. The analytical tools used in this research are validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test, correlation test, determination test, t test and f test. The results of testing the first hypothesis (H1) are accepted which indicates that product quality has an effect on customer loyalty. The results of testing the second hypothesis (H2) are rejected which indicates that consumer satisfaction has no effect on customer loyalty. While the results of testing the third hypothesis (H3) are accepted which shows that Product Quality and Consumer Satisfaction have an effect on customer loyalty.

References

Ainol Yakin,Muhammad Yahya Arief, dan Yudhistira Harisandi " Pengaruh Promosi, Keragaman Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Family Garden Di Kabupaten Situbondo" Jurnal Ekonomi dan Bisnis 20.1 (2021) 69-85

Ajis Setiawan, Nurul Qamariah dan Haris Hermawan "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen" Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia 9.2 (2019) 1-13

Alvin Mariansyah dan Amirudin Syarif “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu” Jurnal Ilmiah Bisnis Manajemen 3.2 (2020) 1-13

Anandhitya Bagus Arianto"Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang" Jurnal Aplikasi Manajemen 11.2 (2013)1-12

Arbi Ramadhan Komarudin dan Nurvita Trianisari “Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampak Loyalitas Pelanggan di Cafe Halaman Bandung” Jurnal e-Prosiding Manajemen 8.2 (2021) 1-7

Basrah Saidani, Dwi Raga Ramadhan “Pengaruh Iklan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy (survei pada pelangan itc roxy mas) 4.1 (2013) 53-73

Dedek Kurniawan Gultom,muhammad Arif, dan Muhammad Fahmi "Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan" MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3.2 (2020) : 1-10

Dwi Aliyyah Apriyani Sunarti “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo) Jurnal Administrasi Bisnis 51.2 Oktober (2017) 1-7

Etvin R, Tamher, Walter Tabelessy, Grace Tahapary “Atmosfer Cafe Pengaruh nya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Cafe Pasir Putih di Kota Ambon” Jurnal SOSOQ 7.2 Agustus (2019) 97-112

Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate.

Jackson R.S Weenas “Kualitas Produk,Harga,Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta” Jurnal EMBA 1.4 Desember (2013) 607-618

Lilis Cucu Sumartini dan Dini Fajriany Ardining Tias"Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja" Jurnal E-BIS 3.2 (2019) 1-8

Martina Anggarwati H dan Rosi Devi Yanti "Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto" Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen 5.1. (2020) : 1-10

Meithiana Indrasari. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.

Moh.Akhsanus Tsalatsa dan Tri Sudarwanto “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pasa Diskusi Kopi Cafe Gresik” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9.3 (2021)

Muhammad Rizal Afandi,Trias Setyowati dan Nur Saidah “Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Dira Cafe & Pool Pontang Ambulu Jember” Jurnal Penelitian ipteks 4.1 Januari (2019)

Nadia Ika Purnama, Seprida Hanum Harahap, Dini Syahputri Siregar “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Ompo Gende Coffe” Jurnal Akuntasi dan Manajemen 1.1 (2022) 1-7

Nurafrina Siregar, and Hakim Fadillah. "Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan." Jurnal Manajemen Tools 8.2 (2017): 1-10.

Nurmin Arianto dan Sabta Ad Difa " Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property" Jurnal Disrupsi Bisnis 3.2 (2020) 1-12

Purwoko, Bambang Pujo Dkk. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Lebak.

RANGKASBITUNG" Jurnal Of Management Of Studies 6.2 (2019) : 1-14

Reno Maulidio dan Anis Dwiastanti "Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Amstirdam Coffe di Malang" Jurnal Ilmu Sosial 19.1 (2022) 1-11

Rina Martiana dan Sheli Apriani " Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Deumdee

Rosnaini Daga. 2017. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.

Rudi Hartono dan Tiurniari Purba “Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sugar Cafe Batam” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 5.2 Juni (2022) 1-9

Shandy Widoyo Putro,Hatane Samuel, Ritzky Karina, dan Brahmana “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya” Jurnal Manajemen Pemasaran 2.1 (2014) 1-9

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis dan R&D.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D.

Yesi Triyuliarlita Amelia dan Koko Safitri “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Cafe Hangout Di Sampit” Jurnal Ilmiah Manajemen 12.1 Maret (2021)

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Artikel