PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BANGUNAN JHRD BAROKAH

Authors

  • Pipin Suryanisari Universitas La Tansa Mashiro, Rangkasbitung
  • Muhamad Yusuf Universitas La Tansa Mashiro, Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.55171/apjms.v10i3.1008

Abstract

This research is based on the number of similar businesses that offer products to consumers so that companies must be able to identify consumer needs in order to compete with copetitors. This study aims to test productcompleteness and price either partially or simultaneously on consumer purchasing decisions at the JHRD Barokah Building Store. The population used is the consumer of the JHRD Barokah Building Shop and a sample of 90 respondents is obtained using the slovin formula. This study uses validity and reliability of a research indicator. This study uses multiple linear regression analysis with SPSS v.25. The results of the analysis carried out show that partially the completeness of the product has a positive and significant effect on Purchase Decisions, while simultaneously Product Completeness and Price have an influence on Purchase Decisions..

References

Chandrarin, G. (2017). Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Salemba Empat.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Edisi Pert). Bpfe-Yogyakarta.

Emor, J. I., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rm. Bakso Solo Pak Eko Di Tomohon. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5407–5415.

Firmansyah, S., & Setiyarini, T. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Material Bangunan Ud.Jaya Abadi Di Simpang. 1(2), 130–136.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (Edisi 9). Universitas Diponegoro.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. 2(1), 69–72.

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. Pt Inovasi Pratama Internasional.

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Pt Grasindo.

Hulima, J. S. P., Soepono, D., & Tielung, M. V. . (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wardah Di Kota Manado. Jurnal Emba, 9, 1167–1177.

Kapriani, & Kurniaty. (2020). Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Di Toko New Agung Alat Tulis Dan Kantor Di Makassar. 16, 71–90. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/View/34362/32290

Kasmir, & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Binsis (Revisi). Prenadamedia Group.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & Y. S. Hayati (Eds.); Edisi-13). Erlangga.

Kurniawan, R., & Krismonita, Y. A. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Xi(2), 145–154. Https://Journal.Ikopin.Ac.Id/Index.Php/Coopetition/Article/View/112

Maddinsyah, A. (2022). Pengantar Marketing Ritel. Cipta Media Nusantara.

Masibbuk, I., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan Dan Tata Letak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado). 411 Jurnal Emba, 7(1), 411–420.

Nainggolan, N. T., Munandar, & Sudarso, A. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.

Polii, T. A. D., Worang, F. G., & Tampenawas, J. L. . (2022). Pengaruh Harga Pengiriman Dan Kelengkapa Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop Tokopedia Di Manado. Jurnal Emba, 10, 106–114.

Purba, L. D., Zamhari, & Oktalina, G. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Tb Mitra Agung Pangkalpinang. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 6.

Purwantoro. (2019). Pengaruh Pemilihan Tata Letak Produk, Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan “Grace Mart” Bangun Jaya. 1(2), 12–17.

Ridwan, M., & Noviarni. (2021). Pengaruh Tempat Usaha Dan Kelengkapan Produk Terhadap Pembelian Ulang Konsumen Pada Supermarket Bangunan. 10(2), 84–95.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sumolang, I. E., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Pengaruh Pelayanan Prima Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Matahari Town Square. Jurnal Emba, 7(8), 3359–3368.

Susanti, N. K. D., Susanti, P. H., & Suputra, G. A. (2021). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Blahkiuh Di Kabupaten Badung. Widya Amrita, 1(1), 144–163. Https://Doi.Org/10.32795/Widyaamrita.V1i1.1162

Susnita, T. A. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bangunan Simpang Tiga Jaya Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi-4). Andi.

Yolandia, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tb Isna Tulungagung. 1(5), 557–566.

Downloads

Published

2023-12-15

Issue

Section

Artikel