Pembelajaran Biologi Berbasis Life Skills Di Sekolah Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kota Tangerang

Authors

  • Noviani Utami STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/perennial.v2i1.892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran biologi yang dilakukan di Sekolah Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kota Tangerang. Partisipan penelitian ini merupakan anak didik pemasyarakatan (Andikpas) yang mengikuti program pembinaan dan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) jenjang SMA 5 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui observasi langsung dan wawancara untuk menemukan gambaran pembelajaran biologi pada jenjang SMA. Pengumpulan data melalui lembar observasi, catatan lapangan dan lembar wawancara terkait proses pembelajaran dan pendidikan sebanyak 4 kali pertemuan. Data yang didapat akan dianalisis secara deksriptif untuk melihat gambaran pembelajaran biologi di Sekolah Istimewa Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kota Tangerang. Hasil menujukkan bahwa gambaran pembelajaran biologi di Sekolah Istimewa Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kota Tangerang merujuk pendidikan life skills yang sesuai dengan karakteristik Andikpas dan tujuan yang akan dicapai setelah Andikpas lulus dari Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kota Tangerang.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Artikel