Efektivitas Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Hafalan Siswa Pada Muatan Lokal Tahfidz Kelas III Mis Assalamiyah Kabupaten Serang
DOI:
https://doi.org/10.55171/jad.v11i2.999Abstract
MIS Assalamiyah merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan Al-Qur’an bagi siswanya. Banyak siswa kelas III MIS Assalamiyah belum lancar dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dan apakah metode talaqqi dapat memperbaiki hasil belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) di kelas III MIS Assalamiyah. Analisis data ini dilakukan dengan cara Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penerapan metode talaqqi di kelas III MIS Assalamiyah dapat meningkatkan kemampuan aktivitas guru dalam pembelajaran dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Teacher activities in cycle I were categorized as "good", namely 85.41 and in cycle II were categorized as "excellent" with an average score of 89.58. As for student activity in cycle I was categorized as "good", namely 75. While in cycle II student activity there has been an increase with an average value of 87.5. The improvement in the ability to memorize the Qur'an (Juz 'Amma) with the talaqqi method at MIS Assalamiyah has increased between before and after the action, namely the pre-cycle score which was previously 65.87 increased to 76.10 in cycle 1 and 85.58 in cycle II. Students' ability to memorize the Qur'an (Juz 'Amma) using the talaqqi method applied at MIS Assalamiyah is very effective and can improve student learning outcomes. aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan “baik” yaitu 75. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa sudah ada peningkatan dengan nilai rata-rata 87,5. Peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan metode talaqqi di MIS Assalamiyah mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah tindakan, yaitu nilai pra siklus yang sebelumnya 65,87 meningkat menjadi 76,10 pada siklus 1 daj 85,58 pada siklus II. Kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan menggunakan metode talaqqi yang diterapkan di MIS Assalamiyah sangat efektif serta dapat memperbaiki hasil belajar siswa.References
Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Quran, Jakarta: Bumi Aksara, 2018
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (P3B), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2020
Adri Efferi, Materi Dan Pembelajaran Al-Quran Hadist Mts-MA, Kudus: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus, 2019
Ahmad Jainal Abidin, Metode Cepat Menghafal Juz ‘Amma, Yogyakarta: Muhabbah, 2016
Sa’dullah, 9 Cara Praktis Menghafal Al Qur’an,Jakarta: Gema Insani, 2021
Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam, Menghafal Al Qur’an Itu Mudah, Jakarta: Pustaka At-Tazkia, 2018
Imam Mashud, Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi, Vol. 3 No. 2 Tangerang: April, 2019
Ahmad Jainal Abidin, Metode Cepat Menghafal Juz ‘Amma, Yogyakarta: Muhabbah, 2016
Imam Mashud, Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi, Vol. 3 No. 2 Tangerang: April,2019
Abdul Qowi, Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi di MTSN Gampong Teungah Aceh Utara, Vol 16 No.2. Aceh Utara: 2 Februari, 2017
Suharsimi Arikunto Suhardjono Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2017
NS. Arif Munandar, S. Kep., M. Kep, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Agustus, 2022
Prof Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif Dan R&D, (Bandung: Alvabeta, 2019
Cucu Susianti, Efektivitas Metode Talaqqi Dalam meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan PG Paud, Vol. 2, No. Universitas Pendidikan Indonesia: 2016