Peran Guru Bagi Peserta Didik Dalam Dunia Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.55171/jad.v11i1.915Abstract
Guru adalah seseorang sosok yang membentuk karakter dan membentuk jiwa pada peserta didik. Guru mempunyai kekuasaan untuk membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Guru bertugas mempersiapkan peserta didik yang beretika yang dapat diharapkan membanguun dirinya dan membangun bangsa dan Negara. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Manfaat peran guru dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh dengan sukses atau tidak pendidikan tersebut kedepannya. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar juga manfaat hubungan guru dan peserta didik yang terjalin dengan baik dengan cara: siswa merasa aman dan nyaman dalam belajar, siswa lebih termotivasi dalam belajar dan meningkatkan prestasi, siswa merasa dihargai dan diakui eksistensinya, siswa lebih leluasa dalam memberikan pendapat atau bertanya jika mengalami kesulitan saat belajar , siswa menjadi lebih kreatif dan lebih percaya diri.References
Anwar. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), Bandung: Alfabeta
Sudirman Danim. 2017. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung : Alfabeta
Fuad Ihsan. 2013. Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
U, Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia
Manpan Drajat, dan M. Ridwan Effendi. 2014. Etika Profesi Guru, Bandung : Alfabeta
Mulyasa, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara
Ramayulis.2015. ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis, 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia
Sagala, S., 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung: Alfabeta.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
S. Margono, 2000. Metodologi Pendidikan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S., 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.