Sumber Daya Manusia Secara Keseluruhan Bagian Integral Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Solihin Solihin STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v11i1.913

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendalami konsep sumber daya manusia secara keseluruhan dalam menunjang integrasi dalam penyempurnaan desain Pendidikan Islam di Indonesia. Pembangunan sumber daya manusia juga dapat dilihat dari dua sisi. Yakni sisi internal dan sisi eksternal. Dari sisi internal, pembangunan sumber daya manusia dapat diartikan sebagai upaya mewujudkan situasi, kondisi, sarana prasarana, sistem, dan lain sebagainya yang memungkinkan seluruh potensi yang terdapat dalam diri manusia dapat diberdayakan sesuai dengan cita-cita dan keinginan manusia itu sendiri. Potensi yang ada dalam diri manusia itu meliputi potensi fisik, intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. Ada pula yang menyebutnya dimensi kefitrahan, keindividualan, kesosialan, kesusilaan dan keberagamaan. Kelima dimensi tersebut merupakan satu kesatuan, saling terkait dan berpengaruh. Potensi manusia sangat mumpuni dalam upaya mengangkat harkat martabat manusia itu sendiri, hanya saja sejauhmana manusia itu dapat memahami fungsi dan perannya dalam hubungannya dengan keberlangsungan pendidikan tersebut. Dari masalah tersebut penting ditelaah untuk kemudian ditemukan manfaatnya bagi pengembangan Pendidikan Islam sebagaimana dikemukakan dalam hasil penelitian ini.

References

Ari H Gunawan. Sosiologi Pendidikan; Tentang pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta. 2000.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Aris Munandar. Manajemen Pendidikan; Peluang dan Tantangan, Makassar; State University of makassar Press. 2006.

Baharuddin, Paradigma Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015

Basri, hasan. Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2012.

Muhaimin dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofik dan Kerangka dasar Operasionalisasinya, Cet. Ke-1, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Mahmud Yunus. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Cet.3. Jakarta: Hidakarya Agung. 1990.

Nata, Abudin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Ridwan, Pendidikan Agama Membangun Moral atau Etik Peserta Didik, http://ridwan202.wordpress.com.

Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum; Konsep Implementasi, Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras. 2009

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel