Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten

Authors

  • Pupu Mahpudin STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v11i1.912

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di LKP Arsy. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Mengapa Metode Sorogan digunakan di LKP Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten 2) untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran siswa di LKP Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten 3) untuk mengetahui faktor penghambat Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran siswa di LKP Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian adalah Alasan metode sorogan digunakan di LKP Arsy Education karena metode sorogan ini efektif dan tepat digunakan metode sorogan memudahkan anak untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan cepat, baik dan benar, bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum-hukum tajwidnya, makhorijul hurufnya dan kefasihannya.

References

Agil Husen,Said. 2010. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan. Bogor : Ghalia Indonesia.

Aibak Kutbudin. 2009. Teologi Pembacaan dari Tradisi Pembacaan Paganis Menuju Rabbani. Yogyakarta: TERAS

Al-Qaradhani Yusuf. 1999. Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Jakarta: GEMA INSANI PRESS

Bakir Abdul. 2019. Tartil Belajar Cepat & Mudah Membaca Al-.Qur’an. Jogjakarta : Hikam Pustaka.

Bachri Syaiful. 2008. Buku Pedoman Qiro’ati Materi Pendidikan Guru Pengajar Al- Qur’an. Blitar: Ponpes Nurul Iman

Depag. 1992. Al-Qur’an dan terjemahanya. Bandung: Gema Risalah Press Ghony,M.

Djunaidi. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasibuan, J.J dkk. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Human As’ad. 2000. Cara Cepat Membaca Al-Qur’an. Jogjakarta: Balai Libtang

LPTQ Nasional Tiem Tadarus

http://www.referensimakalah.com/2013/01/metode-sorogan-dalam-pembelajaran- pesantren.html

http://www.opsional.com/showthread.php/461-Pengertian-AL-Qur-an-menurut-para- ahli diakses 18 April 2014

http://www.anneahira.com/cara-cepat-baca-alquran.htm diakses 05 Mei 2014 Ichwan Bahtiar. 2010. 1 jam Mahir Tartil & Qiro’ah. Surabaya: PT. Java Pustaka Media Utama

J. Moleong Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. bandung: PT Remaja Rosdakarya

K Rukiati Enung dan Hikmawati Fenti. 2006. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia

Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasa Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

Mubarok M.Mufti & Ichwan Bachtiar.2009. 60 Menit Mahir Baca Tulis Al-Qur’an.Surabaya: Graha Bentoel.

Muhsin Abu Hazim bin Bashory Muhamad.2007. Panduan Praktis Tajwid & Bid’ah- bid’ah Seputar Al-Qur’an Serta 250 Kesalahan Dalam Membaca Al Fatihah. Magetan: Maktabah Daarul Atsar Al Islamiyah

Mulyadi Seto dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Mixed Method. Depok: Rajawali Pers.

NU Ma’arif LP. Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah. Tulungagung: LP. Ma‟arif NU

Qomar Mujamil. 2002. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga

Radja Suku. 2018. Panduan Cepat dan Mudah Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta : Kaktus.

Shihab M.Quraish. 1996. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan Soecipto dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif ,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharjito Didik. 2014. PENGANTAR METODE PENELITIAN. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel