Pengaruh Metode Problem Based Learning Dan Diskusi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Efikasi Diri Siswa

Authors

  • Samudi Dr. STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v11i1.910

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan Metode Problem Based Learning dan Metode Diskusi  secara luring berdasarkan efikasi diri siswa. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu:  terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Problem Based Learning dan Diskusi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, Terdapat pengaruh efikasi diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa  dan Tidak terdapat interaksi antara penerapan pembelajaran Problem Based Learning, Diskusi dan pembelajaran konvensional secara luring dengan efikasi diri siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dikarenakan sesuatu yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa di dalam dirinya sebelum diberikan perlakuan dan metode pembelajaran oleh guru tidak ada interaksi terhadap kemampuan pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam siswa. 

References

Revisi. Malang: Umm Press, 2012.

Amir, M Taufiq, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009.

______, Karakteristik Proses Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi. Pustakarya, Jakarta, 2007

Asmuri, Metodologi Pembelajaran PAI perspektif kontekstual, Pekanbaru. Mutiara Pesisir Sumatera, 2014.

Bandura, A. Self Efficacy Mechanism in Psychological and Health Promoting Behavior. New Jersey: Prentice Hall. 1999.

Chuang, shuang-shii chuang and shu han chao. Determinants of cultural adaptation, communication quality, and trust in virtual teams’ performance. March 1-26. 2011

Duch, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Depdiknas Jendral Direktorat Pendidikan Dasar, Lanjutan Pertama Dan Menengah, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama, Jakarta : 2004

Fogarty, R. 1997. Problem-based learning and other curriculum models for the multiple intelligences classroom. Arlington Heights Illionis: Sky Light

Glazer, E. Problem Based Instruktion, In M.Orey (Ed), Emerging perspektives on learning, teaching, and technology, 2001.

Greiff, S., Holt, D.V., & Funke, J. Perspectives on problem solving in educational assessment: Analytical, interactive, and collaborative problem solving. Journal of Problem Solving, 5(2), 71–91. 2013.

Havill, J., & Havill, J. (2020). How to Solve It. In Discovering Computer Science. https://doi.org/10.1201/9781003037149-1. 2020.

Huang B, Ling R, Cheng Y, Wen J, Dai Y, Huang W, et al. Characteristics of the Coronavirus Disease 2019 and related Therapeutic Options. Mol Ther Methods Clin Dev. 2020;18 September: 367–75.

Judge, A. T., Locke, A. E., Durham, C. C., & Kluger, N. A. Dispositional Effect on Job and Life Satisfaction: The Role of Core Evaluations. Journal of Applied Psychology.vol.83,No.11998.

Kamdhi, J. S. Diskusi yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius. 1995.

Lismayani, I., & Mahanal, S. The Correlation Of Critical Thinking Skill And Science Problemsolving Ability Of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 96–101. 2017.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11 (1). https:// doi.org/ 10.30870/jppm.v11i1.2990. 2018.

Nihlatun, Noor. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru Dan Efikasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Se-Kecamatan Dawe Tahun Pelajaran. Masters thesis, STAIN Kudu. 2016.

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M., & Noviawati. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas x-10 SMA Negeri 3 Surakarta. Pndidikan Biologi, 4 September, 39–51. 2012.

Pajares, F., & Kranzler, J. Role of self-efficacy and general mental ability in mathematical problem solving: A path analysis. Annual Meeting of the American Educational Research Association, 1986, 3–33. 1995.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta. 2017

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam,Jakarta. Kalam Mulia, 2010.

Raito dan Sopia, Agustin, Pengaruh Implementasi Metode Diskusi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Otomatisasi & Tata Kelola (OTKP) di SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut. Jurnal Masagi Vol. 01, No. 01, 2022.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014.

Smith, S. L and Marc Fagelson. Journal of the American Academy of Audiology. Development of the Self-Efficacy for Tinnitus Management Questionnaire Vol. 22 (7) 424-440. 2011.

Suharini, E., & Handoyo, E. (2020). Effectiveness of Problem Based Learning Model Assisted by Pocket Book toward Student Self-Efficacy. 2 9 (10), 1199–1204.

Samudi dkk, Manajemen Pendidikan Islam: Teori dan Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi. Yogyakarta. Bintang Semesta Media. 2022.

Siregar, N., Asmin, D., & Fauzi, K. M. A. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Problem Solving Ability Student. January https:// doi. org/10.2991/aisteel-18.2018.100.

Suri, Atika.Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau. 2018.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Kencana, Jakarta, 2009.

Tambunan, L., Rusdi, R., & Miarsyah, M. 2018. Efectiveness of Problem Based Learning Models by Using E-Learning and Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes on Subject Circullation Systems. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 96. https:// doi. org/ 10.31002/ijose.v2i1.598.

Thaha, Hisban dan Edhy Rustan Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. 2017. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat Volume 13, Nomor 2, Desember 2017

Usman, M. Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Ulva, E., Maimunah, & Murni, A. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1230–1238. 2020.

Ward, 2002, Stepien dkk., 1993 dalam www.lubisgrafura.wordpress.com.

Yusuf, Tayar dan Anwar, Saiful. Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2019.

Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UIN Press, 2004.

Zurika, Siti Dwi, Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Perak. IAIN Kediri. 2021.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel