NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS AR-ROYHAN WARUNGGUNUNG KABUPATEN LEBAK

Authors

  • Mumu Zainal Mutaqin STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v7i2.409

Abstract

Religius merupakan  suatu cara pandang seseorang mengenai agamanya serta bagaimana orang tersebut menggunakan keyakinan agamanya dalam kehidupan sehari hari. Karakter religius identik dengan tingkah laku yang agamis sehingga mengandung nilai-nilai positif. Karenanya karakter religius menjadi modal awal untuk membentuk karakter yang lainnya. Karakter dalam Islam. Yaitu: aspek iman, aspek islam, aspek ikhsan, aspek ilmu, dan aspek amal. Aspek-aspek tersebut diimplementasikan kepada siswa-siswi baik dalam teori maupun  praktik. Karakter religius diberikan di sekolah pada saat  kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sebagai pendukungnya dilaksanakan kuliah pagi yang diberikan di luar jam pelajaran bisa pada hari minggu pagi. Bagaimana praktik karakter religius dilaksanakan di sekolah yaitu dengan model pembiasaan, bisa harian atau mingguan. Contoh  pembiasaan harian yaitu  3S (Senyum, Sapa, Salam), pembacaan doa Asmaul Husna, dan salat dhuha. Sebagai pendukungnya adalah kegiatan ekstrakurikuler yang berkarakter religius seperti: Qiro’ah dan rebana.  Pendidikan karakter mengandaikan sikap reflektif dalam diri individu dalam menilai menerapkan perkembangan dan pertumbuhan karakternya sendiri.. Namun, penilaian pendidikan karakter harus menyertakan penilaian dari pihak-pihak lain sebagai bagian integral pendidikan sebagai proses objektivitas.Adapun Sub Fokus penelitian ini  yaitu, pemahaman siswa terhadap pendidikan karakter, bimbingan dari guru yang berkarakter, perhatian orang tua tentang pendidikan,  pendidikan agama terutama Pendidikan akhlak. Adapun sub fokus penelitiannya sebagai berikut:  Bagaimana konsep pendidikan karakter di MTs Ar-Royhan Warunggunung? Bagaimana nilai nilai religius di MTs Ar-Royhan Warunggunung? Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di Mts Ar-Royhan dalam membentuk kepribadian Siswa?. Berdasarkan Fokus dan Sub Fokus penelitian sebagai berikut: Untuk memperoleh data tentang konsep pendidikan  karakter di MTS Ar-Royhan Warunggunung. Untuk memperoleh data tentang nilai nilai religius di MTS Ar-Royhan. Untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pendidikan karakter di Mts Ar-Royhan Dalam Membentuk Kepribadian Siswa.

References

Fitri, Agus Zainul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruz Media. (2002).

Junaidi, Mahfud. Implikasi Otonomi Daerah pada Pendidikan Islam. Jakarta : Rajawali Koesuma, A Doni. 2007. Pendidikan karakter: mendidik anak di zaman global. Jakarta. Grasindo

Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter:kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung remaja Rosdakarya.Pers. (2001).

Krisanti, Yunita. Skripsi : Pembentukan Budaya Religius di Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Malang : Universitas islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (2015).

Margono, S. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. (2010).

Matin, Nurhattati Fuad. 2016. Manajemen sarana dan Prasarana Pendidikan: konsep dan Aplikasinya. Jakarta. Rajawali Press.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : Rosdakarya. (2001).

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam :Upaya Mengaktifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. (2004).

Mulyasa. E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya. (2007).

Mulyasa. E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara. (2012).

Munir, Abdullah. Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani. (2010).

Naim, Ngainun. Character Building : Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu &Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar- Ruz Media. (2012).

Nazarudin, Manajemen Pembelajaran: Impelementasi Konsep Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta : Teras. (2007).

Rusyan, Tabrani. Seri Peningkatan Mutu Pendidikan : Profesionalisme Kepala Sekolah. Jakarta : PT Pustaka Dinamika. (2012).

Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi). Cet. ke-1. Malang: UIN Maliki Press. (2010).

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. 6. Jakarta : Kencana. (2009).

Sugiyono. Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. (2009).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. (2010).

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. (2010).

Puskur. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta.balitbang depdiknas.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Raja Grafindo Persada. (2007).

Published

2019-12-15

Issue

Section

Artikel