KONSEP PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PROF. DR. ZAKIAH DARADJAT

Authors

  • Achmad Faisal Hadziq STAI La Tansa Mashiro, Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v7i2.408

Abstract

Manusia merupakan mahkluk hidup yang lebih sempurna bila dibandingkan dengan mahkluk hidup lain. Akibat dari unsur kehidupan yang ada pada manusia, manusia berkembang mengalami perubahan-perubahan baik perubahan dalam segi fisiologis maupun perubahan dalam segi psikologis. Tetapi pada hakikatnya manusia memiliki anggapan-anggapan dasar (basic assumption) pada hal-hal tertentu. Anggapan-anggapan dasar manusia yang diperoleh melalui hubungan pribadi atau pengalaman sosial ini secara nyata akan mempengaruhi persepsi dan tindakan individu terhadap sesamanya. Manusia juga merupakan mahkluk ciptaan Allah yang dibekali dengan berbagai potensi fitrah yang tidak dimiliki mahkluk lainnya. Potensi istimewa ini dimaksudkan agar manusia dapat mengemban dua tugas utama, yaitu sebagai khalifatullah di muka bumi dan juga Abdi Allah untuk beribadah kepada- Nya. Dalam penelitian ini penulis memiliki tujuan, diantaranya untuk mengetahui konsep psikologi pendidikan , untuk mengetahui konsep pendidikan Islam , dan untuk mengetahui Konsep Psikologi Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi tokoh. Kemudian dari data dan sumber data yang sudah diperoleh dengan menggunakan tekhnik observasi, studi dokumentasi, dan kajian pustaka. Dianalis secara mendalam untuk mengetahui pemikiran-pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Penulis menggunakan data primer yaitu karya Prof. Dr. Zakiah Daradjat diantaranya (1) Ilmu Jiwa Agama (2) Ilmu Pendidikan Islam (3) Psikoterapi Islami dan (4) Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Dan diantara data sekunder yang digunakan adalah buku-buku psikologi secara umu, pendidikan, jurnal dan diktat. Hasil penelitiannya adalah, (1) Psikologi Islam adalah ilmu yang meneliti pengaruh agama terhadap sikap dan tingkah laku seseorang atau mekanisme yang bekerja sama dengan diri seseorang yang menyangkut cara berfikir, bersikap, bereaksi, dan bertingkah laku, yang tidak terpisahkan dari keyakinannya, karena keyakinan itu masih dalam konstruk kepribadiannya. (2) Pendidikan Islam dalam pemahaman Prof. Dr. Zakiah Daradjat mencakup kehidupan manusia seutuhnya, tidak hanya memperhatikan segi akidah saja, juga tidak memperhatikan segi ibadah saja, tidak pula segi akhlak saja. (3) Psikologi pendidikan Islam adalah pola pemikiran yang terstruktur untuk mencapai target pembelajaran yang inovatif dan menghasilkan materi yang diharapkan.

References

Almadi Abu. Psikologi Sosial. Jakarta : PT Rineka Cipta.2006.Cet.1

Amin Safwan. Pengantar Psikologi Umum. Banda Aceh : Yayasan Pena. 2014.Cet.3

Atmaja Prawira Purwa. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.2016.Cet.3

Bachri Thalib Syamsul. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta : Prenadamedia Group 2013.Cet.2

Bisri Mutofa. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Parama Ilmu.2015. Cet. 1

Bugin Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.2010.Cet.7

. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format kuantitatif dan kualitatif. Jakarta : UNAIR Press.2001.

Burhanudin Jajat. Ulama Perempuan Indonesia.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.2002.

Daradjat Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta :Bumi Aksara.2016.Cet.12

. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : Bulan Bintang.2005.Cet.17

. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Bandung : CV Ruhama. 1994.Cet.1

. Psikoterapi Islami. Jakarta : Bulan Bintang.2002.Cet.3

Darmadi. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.2014.Cet.8 Daulay Nurussakinah. Pengantar Psikologi Dan Pandangan Al-Qur’an Tentang Psikologi. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.2014.Cet.1

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung : Syamil Cipta Media.2014.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.2010.

Dinata Suka, Syaodih Nana.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.2007.

Faizah, Muchsin Effendi Lalu. Psikologi Dakwah. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.2012.Cet.3

Hartati Netty, dkk. Islam dan Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.2004.

Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press. 2009). Cet.1

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Gaung Persada Press.2013.Cet.5

Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2011. Cet.15

Juliansyah Nur. Metode Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.2014. Cet.4

Markam Soemarmo. Dasar-Dasar Neuropsikologis Klinis. Jakarta : CV Sagung Seto. 2009.Cet.1

Mubarok Achmad. Al-Irsyad an-Nafsiy Konseling Agama Tori dan Kasus. Jakarta : Bina Rena Prawira. 2012.

Mujib Abdul. Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.2006.

Mukhtar. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah (Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangasn dan Kepustakaan).Jakarta : Gaung Persada Press.2010.Cet.3

- Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press.2013.Cet.1

Nata Abuddin. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.2005.

- Metodologi Studi Islam. Jakarta : Rajawali Press.2005.Cet.21

- Tokoh-tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.2005.

Saidah U.H. Pengantar Pendidikan Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.2016.Cet.1

Samsuniwiyati Mar’at. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.2013.Cet.8

Sapuri Rafy. Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2009. Cet.1

Sobur Alex. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung : CV Pustaka Setia. 2003.Cet.1

Sudirman, A. Tabrani Rusyan, Arifin Zainal, Toto Fathoni. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : PT Rodakarya 1992.Cet.6

Sudirman, dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992. Cet.6

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Cet.17

Tim Penerbitan Buku 70 Tahun Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Perkembangan Psikologi Agama dan Pendidikan Islam di Indonesia 70 Tahun Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Ciputat : PT Logos Wacana Ilmu dengan Pusat Penelitian IAIN Syarif Hidayatullah.1999.Cet.1

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (sikdiknas).Jakarta.Sinar Grafika.2004.

Walgito Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.2000

Yudiani Erma. Pengantar Psikologi Islam . 2013/Th.XIV/Nomor 2/175-186 Zaharuddin. Psikologi Islam Perspektif Malik Badri (Jurnal Psikologi Islami). Palembang : UIN Raden Fatah Palembang.2017. Vol.3

(http://www.brainly.co.id/pengertian-metode-deduktif-dan-induktif//:) Di akses tanggal 14 Juli 2018 21.20 WIB (http://psikologidanpenerapannya.blogspot.com/2011//05/psikologi-dan-

penerapannya.html?m=1) Di akses tanggal 04 September 2018 14.24 WIB

(https://tedjho.wordpress.com/2012/04/15/ruang-lingkup-psikologi/) Di akses tanggal 16 Agustus 2018 11.11 WIB

Published

2019-12-15

Issue

Section

Artikel