PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TADABUR ALAM DALAM MENINGKATKAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 3 DI MTS EL KARIM WARUNGGUNUNG KAB. LEBAK
DOI:
https://doi.org/10.55171/jad.v7i2.406Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah, pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang disusun dengan tujuan meningkatkan dan mendukung proses belajar siswa. Pada saat pembelajaran guru menggunakan metode dan strategi untuk memudahkan siswa memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Tadabur Alam merupakan sebuah pembelajaran yang menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. Atmosfer belajar tidak menegangkan, komunikasi antara guru dan siswa juga hangat dan juga mementingkan pada active learning, anak dikenalkan pada alam dan diberi pengetahuan tentang benda-benda alam. Pelajaran Bahasa Arab merupakan bagian dari Pendidikan Agama Islam tentu dalam pelajarannya guru dituntut untuk bisa memiliki kemampuan mengembangkan system belajar mengajar secara kreatif serta imajinatif dalam menguasai metode penyampaian yang mampu memotivasi siswa, proses KBM yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan desain kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang lebih dikenal dengan Classroom Research. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini menggunakan studi komparatif deskriptif dan disajikan dalam bentuk naratif agar memudahkan pembaca dalam memahami hasil penelitian. Hasil penelitian di lapangan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan model tadabur alam sangat kurang, akan tetapi setelah menggunakan model tersebut khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab Analisis data dari penelitian ini adalah keaktifan siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pra-siklus 25%, siklus I 50%, dan siklus II 95%. Begitu pula nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan, dari 66 pada pra- siklus meningkat menjadi 71 pada siklus I, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77.References
Abdul Mu’in. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah Terhadap Fonetik dan Marfolog), (Al-Husna Baru: Jakarta 2004) Cet., Ke-2
Anonimous, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Balai Pustaka : Jakarta 2000) Cet., Ke- 2
Burron, Pendidikan Bahasa Arab , (Kencana: Jakarta 2007) Cet., Ke-2
Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Intelektual Edukatif, (Remaja Rosdakarya: Bandung 2011) Cet., Ke-19
Dorothea Wahu Ariani, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas), (CV Andi Offset: Yagyakarta 2004) Cet., Ke-2
H.G Targan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, (Angkasa: Bandung 2005).
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Bumi Aksara : jakarta 2012) Cet., Ke- 3 Husamah, Outdoor Learnig, (Prestasi Pustaka : Jakarta 2013) Cet, Pertama
Moh Yamin, Teori Dan Metode Pembelajaran, (Madani : Malang 2015) Cet, Pertama
Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Remaja Rosdakarya : Jakarta 2012) Cet., Ke- 1
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Sinar Baru: Jakarta 2009) Cet., Ke-2
Noor Juliansyah, Metodologi Penelitian, (Kencana Prenadamedia Group: Jakarta 2014) Cet., Ke- 4
Nurcholis Madjid, Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, (Paramadina: Jakarta 2007) Cet., Ke-2
Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Raja Grafindo Persada : Jakarta 2010) Cet, Ke 4
Sangadji, Metode Penelitian pendidikan, (Remaja Rosdakarya: Bandung 2010) Cet., Ke-7
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Rineka Cipta: Jakarta 2006) Cet., Ke-2
Sukmadinata, Psikologi Pendekatan Baru, (Remaja Rosdakarya: Bandung 2011) Cet., Ke-8
Sugiono, Mettode Penelitian, (Alfabeta : Bandung 2016) Cet, Ke 23
Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, (CV Wacana Prima : Bandung 2009) Cet, Ke 6
Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Remaja Rosdakarya: Bandung 2000) Cet., Ke-8
Tim penyusun, Panduan Penulisan Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI La Tansa Mashiro, (La Tansa Press: Rangkasbitung 2017) Cet., Ke-1
Trianto, Pengantar Penelitian pendidikan Bagi Pengembangan Profesi dan Tenaga Kependidikan, (Kencana: Jakarta 2011) Cet., Ke-2
Trianto, Mendesan Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Kencana Predana Media Group : Jakarta 2009) Cet, Pertama
Vera , Adelia, Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study), (Divapress : Yogyakarta 2012) cet Ke 2
Zakiyah Darajat Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Bumi Aksara : Jakarta 2006) Cet., Ke- 10
Hasan Sayid, Wajah Etika Islam Jakarta selatan: Penerbit Citra (2012)
Hosniah El, 10 Azab Wanita Yang Di Saksikan Rasulullah Yogyakarta: Sabil (2016)