Dasar-dasar Pendidikan akhlak dalam Al-Quran Menurut Surat Al-Araf Ayat 199-202
DOI:
https://doi.org/10.55171/jad.v2i1.237Abstract
This study aims to 1) explain the method of interpretation of Wahbah az-Zuhaili concerning al-Qur'an surat al-A'raf verses 199-2022) find the basics of moral education in the Qur'an Surat al-A'raf verse 199 -202 by examining Tafsir al-Munirfīal-'Aqīdah wa al-Shari'a a al-Manhaj. The usefulness and usefulness of this research is to add information and hazanah of Islamic thought, especially in the field of tafsir, which is expected to add to the knowledge of moral education contained in surat al-A'raf verses 199-202. This type of research is classified as library research. The approach used is a qualitative approach, namely the type of research whose findings are not obtained through statistical procedures or other forms of calculation. The research is descriptive analytical. The primary sources used are Tafsir al-Munirfīal-qAqīdah wa al-Syarī'ah wa al-Manhājdan l-Qur'an translation. As for the data collection method used is documentation. This study uses content analysis. The results of this study indicate that 1) The method used by Wahbah az-Zuhaili when explaining is the muqarin method (compromising between ma'ṡurdan ma'qul). Ma'ṡur is the history of the hadith of the Prophet and the statement of the salafus-salehsedangkan ma'qul is in accordance with the rules that have been recognized2) The Basics of Moral Education in the Qur'an Al-A'raf verse 199-202 is an attitude of forgiveness, doing ma'ruf, turning away from the temptations of Satan, taking refuge in Allah from the temptations of Satan, always seeing his own mistakes and not being friends with Satan (friends with godly people). Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan metode penafsiran Wahbah az-Zuhaili mengenai al-Qur’an surat al-A’raf ayat 199-2022) menemukan dasar-dasar pendidikan akhlak dalam al-Qur’an surat al-A’raf ayat 199-202 dengan mengkaji Tafsīr al-Munīrfīal-‘Aqīdah wa al-Syarī’ah a al-Manhāj.Manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah informasi dan hazanah pemikiran Islam khususnya di bidang tafsirdandiharapkan dapat menambah pengetahuan embaca erkait dasar-dasar pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat al-A’raf ayat 199-202. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (library research).Pendekatan yang digunakan dalah pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian yang hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis.Sumber ata primer yang digunakan adalah Tafsīr al-Munīrfīal-‘Aqīdah wa al-Syarī’ah wa al-Manhājdan l-Qur’an terjemah.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. enelitian ini menggunakan analisis isi (contentanalisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode yang digunakan Wahbah az-Zuhaili ketika menjelaskan adalah metode muqarin(mengompromikan antara ma’ṡurdan ma’qul). Ma’ṡuradalah riwayat dari hadis Nabi dan erkataan para salafus-salehsedangkan ma’quladalah yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang elah iakui2) Dasar-dasarPendidikan Akhlak dalam al-Qur’an Surat al-A’raf ayat 199-202 adalahSikap emaaf, berbuat ma’ruf, berpaling dari godaan setan, berlindung kepada Allah dari godaan setan, selalu melihat kesalahan sendiridan tidak berteman dengan setan (berteman dengan orang yang saleh).References
AbdulHalim, M. Nipan. 2000. Menghias Diri Dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Abrasyi, Mohd. Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Ghazali. 1994. Terjemah Ihya‟ Ulumiddin Jilid V. Semarang: CV
Asy Syifa‘.Al-Maraghiy, Ahmad Mushthafa. 1987. Tafsir Al-Maraghiy. Semarang: Tohaputra Semarang.
Al Qorni, ̳Aidh (Ed.). 2008. Tafsir Muyassar. Jakarta: Qisthi Press.Al-Sibai,
Muhammad. 1985. As-sunah wa Makāna Tuha fi al-Tasyi‟. Mesir: Dar al-Ma‘rifah Al-Taomy,
Oemar. Syaibany. 1992. Falsafah Pendidikan Islam. (Terj) Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.
Ar-Rifa‘I, Muhammad Nasib. 1999. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani Press.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ash-Shiddieqi, Hasbi. 2000. Tafsir Al-Qur‟anul Majid An-nuur.Semarang: Pustaka Rizki Putra
.__________________. Tt. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-qur‟an/Tafsir, Jakarta: Bulan Bintang.
Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam Tradisi dan Mordenisasi di Tengah Tantangan Melinium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Daradjat, zakiah. 2011.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
DepartemenAgama RI. 2011. Alhidayah Al-Qur‟an Tafsir Perkata Tajwid Kode Angka. Tangerang Selatan: Kalim.
Departemen Agama RI. 2009. Alqur‟an dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
Hadi, Sutrisno. 1981.Metodologi Research. Jilid I. Yogyakarta: Yayasan PenerbitFakultas Psikologi UGM.
Hafidz, Muhammad & Kastolani. 2009.Pendidikan Islam. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Hamid, Hamdani & Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hasan Al- ̳Aridl, Ali. 1992. Sejarah dan Metodologi Tafsir. Jakarta: RAJAMALI PRES.
Hasbullaah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Ilyas, H. Yunahar. 1999. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jumali. Dkk. 2004. Landasan Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Mahali, A. Muddjab. 1989. Asbabun Nuzul. Jakarta: CV. Rajawali.
Majid, Abdul & Dian Andayani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moloeng, Lexi. M.A. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Roesdakarya.
Munawwir, AhmadWarson. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nasharuddin. 2015. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nata, Abuddin. 2000. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ramayulis. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Shihab, M. Quraish. 2012. Al-lubāb Makna, Tujuan, dan Pelajaran dari Surah-surah Alqur‟an. Tangerang: Lentera Hati.
________________. 2002. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Suhartono, Suparlan. 2006. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syaltut, Mahmud. 1990. Tafsir Alqur‟anul Karim. Bandung: CV Diponegoro.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tono, sidik dkk. 1998. Ibadah dan Akhlak dalam Islam. Yogyakarta: UII Press Indonesia.
Zahruddin & Hasanuddin Sinaga. 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zuhdi, Masjfuk. 1978. Pengantar Ilmu Hadits. Surabaya: Pustaka Progresif
http://pemudapersis32.blogspot.co.id/2015/05/aj-araf-199-202.html?m=1