Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Hoirul Pakih STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v11i2.1028

Abstract

Model pembelajaran yang di telaah yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran ekspositori (ceramah). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa , hal ini diharapkan akan dapat membantu dalam dunia pembelajaran kaitannya dengan sumbangan pemikiran yang berupa hasil penelitian. Sehingga diharapkan dengan hasil penelitian ini inovasi dalam dunia pembelajaran akan lebih baik serta dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian secara umum yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw secara khusus adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa, Meningkatkan proses belajar yang efektif, efisien dan bermakna, Meningkatkan minat belajar siswa, Meningkatkan proses belajar yang menyenangkan dan Meningkatkan profesionalis guru. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, sementara jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Model pembelajaran tipe jigsaw ini dideskripsikan sebagai upaya menciptakan tujuan utama dan tugas bersama untuk siswa, dimana setiap siswa bekerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain

References

Anita. L. Cooperative Learning. Jakarta. Gramedia. 2005

Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. 2013

Departemen Agama RI . Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang. PT. Karya Toha Putra.2002

Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.2006

Muhammad. N. Pemotivasian Peserta didik untuk Belajar. Surabaya. Pusat Studdi Matematika Universitas Negeri Surabaya.2012

Muhibbin. S. Psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). Bandung PT. Rosda Karya.2010

Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.2010

Sanjaya. W. Strtegi Pembelajan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media.2011

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher. 2010

.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R & D , Bandung: Alfabeta,2008

Uno Hamzah B, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2006

Wardhani IGAK, Wihardit Kuswaya.2009.Penelitian Tindakan Kelas:Universitas Terbuka

Wahyudin Dinn, dkk, Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka, 2007

Yamin Martinis, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada, 2003

Toha, Sukron Muhammad. 2018. Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna, Vol. 7, No. 1, April.

Zaman. Badrus. 2020. Penerapanactive Learningdalam Pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, Vol. 4 No. 1 Januari-Juni (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Artikel