Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.55171/jad.v11i2.1028Abstract
Model pembelajaran yang di telaah yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran ekspositori (ceramah). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa , hal ini diharapkan akan dapat membantu dalam dunia pembelajaran kaitannya dengan sumbangan pemikiran yang berupa hasil penelitian. Sehingga diharapkan dengan hasil penelitian ini inovasi dalam dunia pembelajaran akan lebih baik serta dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian secara umum yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw secara khusus adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa, Meningkatkan proses belajar yang efektif, efisien dan bermakna, Meningkatkan minat belajar siswa, Meningkatkan proses belajar yang menyenangkan dan Meningkatkan profesionalis guru. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, sementara jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Model pembelajaran tipe jigsaw ini dideskripsikan sebagai upaya menciptakan tujuan utama dan tugas bersama untuk siswa, dimana setiap siswa bekerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lainReferences
Anita. L. Cooperative Learning. Jakarta. Gramedia. 2005
Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. 2013
Departemen Agama RI . Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang. PT. Karya Toha Putra.2002
Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.2006
Muhammad. N. Pemotivasian Peserta didik untuk Belajar. Surabaya. Pusat Studdi Matematika Universitas Negeri Surabaya.2012
Muhibbin. S. Psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). Bandung PT. Rosda Karya.2010
Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.2010
Sanjaya. W. Strtegi Pembelajan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media.2011
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher. 2010
.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R & D , Bandung: Alfabeta,2008
Uno Hamzah B, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2006
Wardhani IGAK, Wihardit Kuswaya.2009.Penelitian Tindakan Kelas:Universitas Terbuka
Wahyudin Dinn, dkk, Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka, 2007
Yamin Martinis, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada, 2003
Toha, Sukron Muhammad. 2018. Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna, Vol. 7, No. 1, April.
Zaman. Badrus. 2020. Penerapanactive Learningdalam Pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, Vol. 4 No. 1 Januari-Juni (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593.