Implementasi Moderasi Beragama Melalui Penanaman Nilai-Nilai Dimensi Sosial Dan Religius Siswa

Authors

  • Didi Maksudi STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v11i2.1023

Abstract

Anak merupakan sumber daya manusia yang berpotensi untuk meneruskan cita-cita bangsa Indonesia di masa selanjutnya. Oleh karena itu anak memerlukan pembinaan dalam menjamin pertumbuhannya secara fisik sosial mental dengan cara bertahap dan seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi moderasi beragama melalui penanaman nilai-nilai sosial dan nilai-nilai reigius siswa di Madrasah Diniyah Zahratul Huda Rangkasbitung Lebak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Pendidikan moderasi beragama di Madrasah Diniyah Zahratul Huda mengajarkan siswanya untuk memiliki sikap sopan santun dan berbicara baik kepada guru dan teman sekelilingnya serta menerapkan etika dan moral kepada siswa untuk menjadi anak yang berakhlakul karimah. Nilai sosial di Madrasah Diniyah Zahratul Huda yaitu Etika seperti penerapan 3S (Salam, sopan dan santun) dan berperilaku baik terhadap guru ataupun kepada teman, sedangkan Moral seperti berakhlak baik dalam melakukan sesuatu, menjadi penengah bagi adanya pertengkaran dua belah pihak, sedangkan Agama seperti melakukan pembiasaan sholat berjamaah, dzikir setelah sholat, melakukan baca doa sebelum belajar, membaca ayat-ayat al-qur’an, hadist-hadist, asmaul husna dan sholawat. Nilai religius di Madrasah Diniyah Zahratul Huda yaitu Akidah Madrasah Diniyah Zahratul huda melakukan pembelajaran diluar kelas yaitu tadabbur alam. Tujuannya agar siswa dapat belajar lebih dalam mengenai penciptaan Allah SWT. Syari’at yaitu aturan yang berlaku disekolah dengan tujuan untuk menilai bagaimana prilaku, akhlak dan etika siswa jika berinteraksi secara langsung dengan guru maupun dengan temannya. Akhlak yaitu prilaku yang tampak pada diri, baik dalam sikap maupun sifat, bertujuan untuk mengajarkan siswa untuk berakhlak baik dalam hal kecil maupun hal besar

References

Azmi, M. U., & Achmad Maulidi. (2022). Moderasi Pendidikan Dalam Pendidikan. Sukabumi: Haura Utama.

Faozan, A. (2022). Wacana Intoleransi dan Radikalisme Dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Serang: A-Empat.

Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Gusti Made Riko Hendrajana, d. (2023). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Solo: Mavi Media Literasi Indonesia.

Habibie, M. L., Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, & Anggoro Sugeng. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Moderasi Beragama, 141-142.

Hefi Rusnita Dewi, d. (2023). Konsep Dasar Metodologi Penelitian. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 6.

Imron, M. A. (2015). Sejarah Lengkap Agama-Agama Di Dunia. Yogyakarta: IRCiSoD.

Kusnadi. (2013). Hubungan Antar Umat Beragama. Balikpapan: Absolute Media.

Maula, A. N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama. Lombok Tengah, NTB: Penerbit P4I.

Muchith, H. S. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama. Yogyakarta: Nas Media Pustaka.

Muhajarah, K. (2022). Dimensi Islam Dan Moderasi Beragama. Sukabumi: Cv. Haura Utama.

Muhammad, N. H., & M. Ali Musyafa. (2022). Penguatan Nilai-nilai Religius Sebagai Karakter Siswa Melalui Strategi Pembelajaran PAI. Ilmu Pendidikan Islam, 204-206.

Mujahidah. (2023). Seni Berfilsafat. Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Mu'tamiroh, L. (2023). Nilai Religius dalam Novel "Api Tauhid". Indramayu: Adanu Abimata.

Nizamuddin, d. (2021). Metodologi Penelitian. Riau: Dotplus.

Nopitasari. (2019). Nilai-Nilai Desa Yang Harus Kita Pelihara : Sosial, Moral dan Agama. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Pohan, I. S. (2022). Akidah Akhlak Pada Madrasah. Medan: Umsu Press.

RI, D. A. (2005). Al-Qur'an Tajwid Dan Terjemah. Jakarta: Khairul Bayaan.

RI, K. A. (2023). Moderasi Beragama Perspektif Bimas Islam. Jakarta Pusat: Sekretariat Ditjen Bimas Islam Kementrian Agama.

Saputra, N. (2020). Ekranisasi Karya Sastra Dan Pembelajarannya. Surabaya: Jakad Media.

Soeroso, A. (2008). Sosiologi 1. Jakarta: Quadra.

Sucipto. (2020). Tahfidz Al-Qur'an Melejitkan Prestasi. Guepedia.

Sulistiyo, U. (2019). Mteode Penelitian Kualitatif. Jambi: Salim Media Indonesia.

Suwandi, d. (2023). Manajemen Multikultural. Guepedia.

Syaiful Anam, d. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen dan R&D. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Ulfatin, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.

Umah, R. Y., Wilis Werdiningsih, & Yulia Anggraini. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Annual Conference For Muslim Scholars, 819-823.

Umar, M., Feiby Ismail, & Nizma Syawie. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 102-103.

Wahid, A. K. (2016). Pendidikan Islam Tranformatif. Guepedia.

Yohanes Krismantyo Susanta, d. (2023). Penguatan Moderasi Beragama. Sulawesi Selatan: PT KANISIUS.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Artikel