Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Membentuk Karakter Islami Siswa Kelas Ii
DOI:
https://doi.org/10.55171/jad.v11i2.1003Abstract
Pembentukan karakter merupakan suatu usaha yang melibatkan semua pihak, baik orang tua, sekolah, lingkungan sekolah, maupun masyarakat luas. Perpaduan, keharmonisan, dan kesinambungan para pihak berkontribusi secara langsung dalam pembentukan karakter seseorang. Dengan kata lain, tanpa keterlibatan para pihak, maka pendidikan karakter akan berjalan tertatih-tatih, lamban dan lemah bahkan terancam gagal. Pada umumnya para pihak mendambakan peserta didik berkompeten di bidangnya dan mempunyai karakter. Oleh karena itu, para pihak harus bersinergi dan mengambil perannya masing - masing dalam upaya membangun karakter peserta didik. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif study kasus Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada suatu objek tertentu yang mempelajari sebagai suatu kasus. Data studi kasus dapat diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan, dengan kata lain dalam studi ini dikumpulkan dalam berbagai sumber untuk memberikan solusi tentang cara membentuk karakter islami di MI darul Akhyar. Hasil penelitian berdasarkan analisis dan pembahasan ditemukan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter islami di selokah diantaranya yaitu dengan cara melakukan pembiasaan-pembiasaan misalnya seperti sholat Dhuha, sholat dzuhur berjamaah, membaca Al-Qur’an atau membaca iqro dan menghafal hafalan surat-surat pendek yang terdapat dalam Al-Qur’an. Selain itu siswa sebelum memulai pembelajaran selalu diberikan nasihat yang berisikan tentang keagamaan contohnya seperti adab atau ahklak agar siswa dapat menghargai guru atau para tenaga pengajar di tempat mereka belajar.Kata Kunci : Akidah Akhlak, Karakter IslamiReferences
Ahdar Djamaludin, and Wardana. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare, Sulawesi Selatan: CV. KAFFAH LEARNING CENTER, 2019.
Aisyah M. Ali. PENDIDIKAN KARAKTER konsep dan Implementasinya. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018.
Dakir. Manajemen PENDIDIKAN KARAKTER Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: K-Media, 2019.
Elihami, and Abdullah Syahid. "PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI." Jurnal Edu Maspul, 2018: 4.
Fathul Mu'in. PENDIDIKAN KARAKTER Kostruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2016.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, and Helmina Andriani. METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF. Yogyakarta: CV. PUSTAKA ILMU GROUP, 2020.
Isnawardatul Bararah . "Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah." Jurnal MUDARRISUNA, 2017: 139.
KEMENTRIAN AGAMA. BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2014.
Muhamad Amri, La Ode Ismail Ahmad, and Muhamad Rusmin. AKIDAH AKHLAK. Makasar: CV. SEMESTA AKSARA, 2018.
Muhsinin. "MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG TOLERAN." Penelitian Pendidikan Islam, 2013: 210-211.
Nur Ainiyah. "Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam." Al-Ulum, 2013: 26.
Purniadi Putra. "IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK." AL-BIDAYAH, 2017: 39-40.
Rahmadi. PENGANTAR METOLOGI PENELITIAN. Banjarmasin, Kalimantan Selatan: ANTASARI PRESS, 2011.