Implementasi Active Learning Dalam Pembelajaran Pai Di Sdit Al Mumtaz Jayanti Tangerang

Authors

  • Solihin Solihin STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jad.v11i2.1001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengali lebih mendalam tentang active learning di SDIT Al Mumtaz baik dari perencanaan, pelaksanaan didalam kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat akan mengembangkan kreatifitasnya dalam belajar sehingga akan membawa dampak pada motivasi berdampak pada belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, fokus penelitian di SDIT Al Mumtaz. Teknik pengumpulan data melalui  observasi, wawancara  dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan datanya. Teknik analisis data dilakukan melalui penyajian data-data berkaitan dengan objek penelitian yang selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini Perencanaan active learning siswa pada pembelajaran PAI yaitu Guru PAI melakukan analisis kurikulum dan mengidentifikasi kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa. selain itu, Guru merancang rencana pembelajaran yang berorientasi pada siswa, dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, metode, materi, dan sumber belajar yang relevan.  Selanjutnya, Guru merencanakan aktivitas dan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi, proyek, presentasi, atau simulasi. Sedangkan Pelaksanaan active learning dengan menekankan pada pembelajaran yang memfokuskan terhadap keaktifan siswa dengan tujuan supaya siswa dapat mengembangkan bakat yang terdapat pada diri siswa tersebut

References

Pendekatan Cbsa Dengan Metode Card Sort Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits ( Studi Kasus Siswa Kelas Vii A Di Madrasah Tsanawiyah Pacet Mojokerto). Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Aulyah, Khairul. 2022. Inovasi Metode Pendidikan Agama Islam Melalui Active Learning. Edupedia Vol. 7, No. 1, Juli.

Kasmawati, Suriyati, Diarti Andra Ningsih, R. Nurhayati. 2022. Penerapan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. Volume 14, No. 1, 2022. ISSN (print) : 1858-4152. ISSN (online) : 2715-5684. Homepage https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/al-qalam.

Nasution, Hambali Alman. 2020. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok. Jurnal Pendidikan Agama Islam ISSN: 1829-5746|EISSN: 2502-2075. Vol. 17, No. 1, Juni 2020 http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/index.

Mutaqin, Mumu Zainal. Solihin, Bambang Samsul Arifin. 2022. Strategi Pembelajaran pendidikan Agama Islam di PTKIS. Alim : Journal Of Islamic Education Vol.4 (2),

Nasrah ,Muh. Judrah , Muh. Anis. Implementasi Metode Active Learning Tipe Poster Session Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI. AL-Ilmi Jurnal Kajian Islam Pendidikan. Volume 1 No 2 2021.

Sauli F. Siregar. 2019 . Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam,” Jurnal Biolokus Vol.2 No.2

Suhendi, Homaedi Randi. 2018. Strategi Active Learning Dalam Pembelajaran Pai. edupedia Vol. 2, No. 2, Januari 2018.

Supriatna, dan Mulyadi, M. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Rahman, Arief. 2013. Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. CV. Aswaja Pressindo.

Rohman, Syaifur. Strategi Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanisme Di Sekolah Dasar. Dimar: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 4 Nomor 1 Desember 2023; e-ISSN: 2579-3683.

Toha, Sukron Muhammad. 2018. Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna, Vol. 7, No. 1, April.

Zaman. Badrus. 2020. Penerapanactive Learningdalam Pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, Vol. 4 No. 1 Januari-Juni (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Artikel