Upaya Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Teknik Mozaik
DOI:
https://doi.org/10.55171/jaa.v4i1.923Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui perkembangan motorik halus di Raudhatul Athfal (RA) Al-Khairiyah sebelum dan sesudah menggunakan teknik mozaik. Adapun media yang digunakan dalam teknik mozaik ini yaitu media kertas dan daun kering. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan Desain PTK Model Spiral Kemmis & Teggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam penggunaan teknik mozaik peneliti memakai media kertas origami pada siklus I dan media daun kering pada siklus II. Peneliti menemukan bahwa kegiatan ini dapat mengembangkan aspek motorik halus seperti menggunakan gunting dengan benar, merobek mengkoordinasikan antara mata dan tangan dan menempel potongan mozaik dengan rapih; 2) Perkembangan motorik halus pada saat sebelum diberi tindakan terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam kegiatan mozaik, hal ini terlihat dari hasil memegang gunting belum dikatakan benar dan kegiatan menempel kurang rapih tidak sesuai dengan pola gambar. Tindakan Kelas (PTK) pada kelas B RA Al-Khairiyah kegiatan mengembangkan motorik halus menggunakan teknik mozaik dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian sebelum diberi tindakan atau pra siklus yaitu hanya mencapai 35%; 3). Perkembangan motorik halus pada saat sesudah diberi tindakan terdapat beberapa siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu pada Siklus I siswa yang mengalami peningkatan mencapai 64% sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan 81% maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil sesuai dengan capaian kriteria keberhasilan yaitu 80%.References
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data ,Jakarta: Rajawali Press, 2010
Fatmawati, Yalida dkk. 2021. Pembelajaran Tematik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Fandi Rosi. 2016. Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: LeutikaPrio
Hamzah. 2015. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN PONTIANAK PRESS
Iftitah. 2019. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media Publishing
Izatul Lailah. N. Khotimah. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggunting dan Menempel. ( Ejournal. Unase : Jurnal Mahasiswa Tehnologi. Tahun 2013
Indraswari, L. 2011. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agama. Jurnal Pesona PAUD. Vol. 1 No.1.
Juli Maini sitepu dan Sri Rahayu, Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui Teknik Mozaik Di RA Nurul Huda, Vol 8 No 2. 2016
Retnaningsih dan Rosa, 2022. Trik Jitu Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Lamongan: Nawa Litera Publishing
Rusmiyati Nenggolan, Melvi Lesmana Alim, Joni 2020 Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Journal of Education Research, Vol 1 No(2), 2020, Pages 120-124
Kholifah, Marliah dkk. 2018. Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Ronggolawe Tuban: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pratiwi, Arin dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Santrock. W. John. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga. 2007
Syakir Muharrar. 2013. kreasi kolase montase, mozaik sederhana, penerbit erlangga
Sugiono, metode penelitian pendidikan kuantitatif,kualititif dan R&D (Bandung :Alfabeta. 2012
Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: KENCANA
Rosalia, L., & Ratulangi. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membuat Mozaik Menggunakan Bahan Biji-bijian. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2 (1), 22-29.
Kharizmi, M., & Hanum, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Tekhnik Mozaik Pada Kelompok A (4-5 Tahun) Di TK Tunas Harapan Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 6 (2), 10-18.
Nurhidaya H. 2019. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Mozaik dengan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 tahun diI RA Al-Musthafawiyah. Medan: Universitas Islam Negri
Winda S. 2019. Implementasi Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Lampung Selatan: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Rukajat. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish
Arifah. 2013. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok A. Universitas Negeri Yogyakarta