Upaya Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Teknik Mozaik
Abstract
pada Siklus I siswa yang mengalami peningkatan mencapai 64% sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan 81% maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil sesuai dengan capaian kriteria keberhasilan yaitu 80%.
Full Text:
PDFReferences
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data ,Jakarta: Rajawali Press, 2010
Fatmawati, Yalida dkk. 2021. Pembelajaran Tematik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Fandi Rosi. 2016. Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: LeutikaPrio
Hamzah. 2015. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN PONTIANAK PRESS
Iftitah. 2019. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media Publishing
Izatul Lailah. N. Khotimah. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggunting dan Menempel. ( Ejournal. Unase : Jurnal Mahasiswa Tehnologi. Tahun 2013
Indraswari, L. 2011. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agama. Jurnal Pesona PAUD. Vol. 1 No.1.
Juli Maini sitepu dan Sri Rahayu, Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui Teknik Mozaik Di RA Nurul Huda, Vol 8 No 2. 2016
Retnaningsih dan Rosa, 2022. Trik Jitu Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Lamongan: Nawa Litera Publishing
Rusmiyati Nenggolan, Melvi Lesmana Alim, Joni 2020 Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Journal of Education Research, Vol 1 No(2), 2020, Pages 120-124
Kholifah, Marliah dkk. 2018. Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Ronggolawe Tuban: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pratiwi, Arin dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Santrock. W. John. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga. 2007
Syakir Muharrar. 2013. kreasi kolase montase, mozaik sederhana, penerbit erlangga
Sugiono, metode penelitian pendidikan kuantitatif,kualititif dan R&D (Bandung :Alfabeta. 2012
Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: KENCANA
Rosalia, L., & Ratulangi. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membuat Mozaik Menggunakan Bahan Biji-bijian. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2 (1), 22-29.
Kharizmi, M., & Hanum, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Tekhnik Mozaik Pada Kelompok A (4-5 Tahun) Di TK Tunas Harapan Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 6 (2), 10-18.
Nurhidaya H. 2019. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Mozaik dengan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 tahun diI RA Al-Musthafawiyah. Medan: Universitas Islam Negri
Winda S. 2019. Implementasi Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Lampung Selatan: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Rukajat. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish
Arifah. 2013. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok A. Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.55171/jaa.v4i1.923
Refbacks
- There are currently no refbacks.
STAI La Tansa Mashiro
Jl. Soekarno Hatta, By pass, Rangkasbitung
Tlp/Fax: +6252 207163/ 206794
E-mail: stai.latansamashiro@gmail.com
Aksioma Al-Asas Work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License Without Adaptation.