Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Anak Usia Dini
Abstract
Motorik halus adalah salah satu perkembangan yang haraus dimiliki sejak anak usia dini, Jika perkembangan motorik halus pada anak berjalan dengan baik maka sangat mudah bagi anak melakukan hal-hal sederhana misalnya menulis mewarnai dengan crayon, menggunting, melipat, menempel dan sebagainya. Perkembangan motoric halus anak merupakan gerakkan anak yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja atau dilakukan oleh otot-otot kecil dan tidak memerlukan tenaga besar, tetapi membutuhkan koordinasi yang cermat seperti koordinasi mata dan tangan. Untuk menstimulus motorik halus anak usia dini dapat dengan memanfaatkan metode Usap abur seperti yang diberikan pada kelompok A Raudathul Athfal Nadwatul Ulum, Rangkasbitung, Lebak-Banten. Hal ini bertujuan agar peserta didik untuk mengembangkan motorik halus dengan baik, meningkatkan kreatifitas anak dalam berkarya, melatih daya konsentrasi dalam melakukan aktifitas menggambar sederhana (Usap abur) ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat sebelum diterapkan teknik usap abur dari 15 orang anak di Raudathul Athfal Nadwatul Ulum terdapat 10 orang anak yang memperoleh kriteria mulai berkembang dengan nilai rata-rata 66,6%. Peningkatan motorik halus anak pada siklus I terdapat 11 orang anak yang yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan 73,33%, dan yang memperoleh kriteria mulai berkembang terdapat 4 orang anak 26,66%. Pada Siklus II dari 15 orang anak terdapat 13 orang anak yang memperoleh kriteria berkembang sangat baik 86,66% dan yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan terdapat 2 orang anak 13,33% pada siklus ini kemampuan motorik halus anak sudah tercapai yaitu sebesar 84,58% dan pelaksanaan teknik usap abur berjalan dengan baik dan dilakukan sesuai dengan indikator perkembangan.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, G. F. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Awan, V., Pratiwi, S. H., & Ubaidillah, U. (2020). Kegiatan Usab Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7202
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y.,
Awan Pratiwi, Ubaidillah, 2020, ISSN; 2614 -6347 2614 – 4017 Vol.6. No 4 Depdiknas 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta
Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak: Jakarta: Penerbit Erlangga
Halimah, H. (2019). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Permainan Menjiplak Menjadi Gambar Usia 5-6 Tahun Di TKQ An-Nur Tomang. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/279/
Mariati, M., & Widya Puteri, I. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Kelompok B Di Tk Ar-Rahma Muara Badak Pada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.174
Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuryani, W. (2020). Hubungan antara Kegiatan Usap Abur dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2), 65–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9730
Arsip Suryadi, (2018), Menggagas Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Remaja Rosdakarya, h. 13.
A. Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group
Pamadhi dan Sukardi. 2010. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.
Samsudin, C. M. (2020). Title. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.
http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndtei nt.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Semarang, U. N. (2019). Oleh Nama : Diana Kusuma Putri.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Uan, P. E. N. D. (2018). Pe N E Rapan Me Tode Dril L Dal Am Ke Giatan Me Warn Ai Gambar Me Dia Krayon Di Pos Paud. 1(1), 55–66.
Veryawan, V., Juliati, J., & Aprilia, R. (2020). Kegiatan Menggambar Bebas Menggunakan Crayon dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 129–138. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3624
DOI: http://dx.doi.org/10.55171/jaa.v4i1.922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
STAI La Tansa Mashiro
Jl. Soekarno Hatta, By pass, Rangkasbitung
Tlp/Fax: +6252 207163/ 206794
E-mail: stai.latansamashiro@gmail.com
Aksioma Al-Asas Work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License Without Adaptation.