Pengembangan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Kaduagung Tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak

Robiatul Adawiyah, Takhfadz Ubaidilah

Abstract


Desa  Kaduagung Tengah merupakan salah satu desa di kecamatan Cibadak yang hanya memiliki lembaga pendidikan Anak Usia Dini yang terdiri dari 3 unit yaitu PAUD Aisyiyah yang terletak di kampung Kaloncing, PAUD Aisyiyah yang terletak di BTN Mandala dan Madrasah Raudhah yang terletak di BTN Sumur Buang. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satu aspek perkembangan yang dikembangkan adalah aspek perkembangan pendidikan moral. Saat ini urgensi pendidikan karakter kembali menguat dan menjadi bahan perhatian sebagai respon atau persoalan terutama kemerosotan moral peserta didik. Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) adalah pendidikan yang mengembangkan semua dimensi manusia, tidak hanya kemampuan akademik, tetapi juga fisik, emosional, spiritual, kreativitas, dan aspek kecerdasan majemuk lainnya secara holistik dan seimbang melalui pengembangan 9 Pilar Karakter (cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian, kejujuran, amanah dan diplomatis, hormat dan santun, kasih sayang, kepedulian, dan kerja sama). Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian  lapangan  (field  research), dengan  pendekatan  kualitatif.  Metode penelitian  ini  digunakan  untuk memaparkan  bagaimana  bentuk  model pendidikan  holistik  berbasis  karakter (PHBK) pada anak usia dini dalam upaya penanaman karakter siswa  di  Sekolah  PAUD Aisyiyah.  Keberhasilan  pengembangan  karakter  dalam  pendidikan  anak  usia dini dapat  diketahui dari  perilaku sehari-hari yang tampak  pada setiap  aktivitas berikut: 1) kesabaran, 2) kesadaran, 3) kejujuran, 4) keikhlasan, 5) kesederhanaan, 6) kemandirian, 7) kepedulian, 8) kebebasan dalam bertindak, 9) kecermatan/ ketelitian, 10) komitmen, 11) mematuhi peraturan, dan 12) menghargai hak dan kewajiban. Adapun model pembelajaran dan pendekatan yang harus dilakukan guru di PAUD Aisyiyah  adalah dengan memberikan contoh dan keteladanan serta mengembangkan sikap karakter dengan cara 1) pengetahuan Spiritual (Nilai Agama); 2) Nilai sosial atau Nilai hubungannya dengan sesama; 3) pendidikan individu; dan 4) memiliki nilai hubungannya dengan lingkungan. Kemudian Ada beberapa strategi dalam pelaksanaan kegiatan pengajaran kepada anak yang dapat di lakukan di PAUD Aisyiyah diantaranya memberikan perhatian, memberikan umpan balik, memberikan contoh, memberikan tugas, membantu memecahkan masalah serta memberikan pengetahuan secara langsung.

Full Text:

PDF

References


Faujiah, Ajri, dkk, 2018. Pengembangan Karakter Anak di Indonesia Heritage Foundation (IHF): Depok

Fauziddin, Moh & Mufarizzudin. 2018. Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Universitas Pahlawan Tuanku:Tambusai

Latifah, Melly & Hernawati, Neti. 2009. Dampak Pendidikan Holistik pada Pembentukan Karakter dan Kecerdasan Prasekolah Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen Vol. 2 No. 1: IPB Bogor.

Maksudi, Didi & Khoeriah, Ana. 2021. Problematika Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Aksioma Al-Asas Vol. 2 No. 2: Rangkasbitung, Lebak-Banten

Puspita, Juwita Sari dan Al Sobar Ghazal. 2018. Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di Sekolah Dasar Tunas Insan Mulia Kota Bandung. Universitas Islam: Bandung.

Rukiyati. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif di Indonesia” (FIP Universitas Negeri: Yogyakarta.

Safaat, Saat. 2017.Pendidikan Holistik Berbasis Dalam Perspektif Al-Qur’an. Institut PTIQ:Jakarta

Sandra, Novia Dewi, dkk. Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Setelah Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah: Pringsewu Lampung.

Sanusi, Herman. 2017. Implementasi Pembalajaran Holistik Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal AL-QALAM Jurnal Kajian Islam & Pendidikan Volume 9, No. 1: Sulawesi Selatan.

Susanti, Nita, dkk. 2022. Penerapan Model Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa TK Amalia Palembang. UIN Raden Fatah: Palembang : 2022

Sutrisno, Amin, dkk. Pentingnya Pendidikan Anak di Usia Din . Universitas Muhammadiyah: Jakarta

Yasir, Muhammad. 2022. Peran Pentingnya Pendidikan Dalam Perubahan Sosial di Masyarakat. Universitas Lambung Mangkurat: Banjarmasin

Yusuf, Muhammad. Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. Darud Da’wah Wal-Irsyad ( DDI Makassar)

http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039




DOI: http://dx.doi.org/10.55171/jaa.v4i1.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

STAI La Tansa Mashiro
Jl. Soekarno Hatta, By pass, Rangkasbitung
Tlp/Fax: +6252 207163/ 206794
E-mail: stai.latansamashiro@gmail.com

  

Lisensi Creative Commons

Aksioma Al-Asas Work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License Without Adaptation.


View My Stats