Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Bermain Operet Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putra IV Pandeglang

Authors

  • Desri Yanti STAI La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/jaa.v4i1.919

Abstract

Operet merupakan drama pentas dalam bentuk kecil yang diiringi musik instrumental. Melalui operet anak dapat berkomunikasi dengan temannya sehingga kemampuan sosial emosional anak semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuansosial emosional melalui bermain operet di TK Putra IV Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B usia 5-6 tahun, terdiri dari 8 perempuan 5 laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklus. Siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan menggunakan adalahs deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain operet dapat meningkatkan kemampuansocial emosional Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuansosial emosional dari data pra Tindakan sebesar 23,08% meningkat menjadi 61,54% pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 meningkat secara signifikan sebesar 84,62%.

References

Armstrong, Thomas. 2011. The Best School. Bandung: Kaifa

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hartati, Sofia. 2007. How To Be A Good Teacher And To Be A Good Mother. Jakarta: Enno El- Khairity

Hasanuddin. 1996. Drama: Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa

Hurlock, Elizabeth. B. 1978. Child Development. Alih bahasa: Perkembangan Anak, oleh Zarkasih, Muslichan. Jakarta : Erlangga

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo

Masitoh. 2005. Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka CIPTA.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Samsudin. 2007. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera

Santrock, John W. 2002. Life- Span Development. Alih bahasa: Perkembangan Masa Hidup Jilid 1, oleh Damanik Juda. Jakarta: Erlangga

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Tarigan, Henry Guntur. 2007. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Badung: Angkasa

Van Tiel, Julia maria. 2008. Anakku Terlambat Bicara. Jakarta: Prenada

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel