Peningkatan Hasil Belajar Anak Usia Dini Melalui Pelajaran Menggunakan Media Majalah

Authors

  • Robiatul Adawiyah STAI La Tansa Mashiro
  • Farhatunnisa Farhatunnisa

DOI:

https://doi.org/10.55171/jaa.v2i2.611

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena kurangnya respon orangtua terhadap pembelajaran anak juga perkembangan anak dalam kegiatan belajar, ditambah dengan adanya wabah covid 19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan di rumah. Solusi dari permasalahan ini adalah penulis menggunakan media berupa majalah untuk pembelajaran di rumah dengan bimbingan orangtua. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas kegiatan pembelajaran menggunakan media majalah 2) Untuk mendapatkan data hasil belajar melalui penggunaan media 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media majalah pada tema “lingkunganku dan kebutuhanku” di TK Arafah Kecamatan Rangkasbitung Timur.Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini adalah model John Elliot yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa TK Arafah Kecamatan Rangkasbitung Timur tahun pelajaran 2020-2021 dengan jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian hasil belajar. Terdapat II siklus dalam penelitian ini, dimana hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Dalam penerapan media majalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siklus I terdapat 10 siswa yang melebihi 66% dalam taraf kemampuan hasil belajar dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan anak dengan kemampuan dibawah 66% ada 2 siswa dengan kualifakasi baik dan ada 1 siswa dibawah 33% yang taraf kemampuan dengan kualifikasi kurang. 2) Pada siklus II ini terdapat peningkatan dari siklus sebelumnya. Bahwa pada siklus I ada 10 siswa yang melebihi 66% dalam taraf kemampuan hasil belajar dengan kualifikasi sangat baik. Lalu pada siklus ke II ini seluruh siswa dengan jumlah 13 anak kemampuan kualifikasinya meningkat menjadi rata-rata di atas 69.3%. Maka pada siklus ke II ini tidak ada hasil belajar dengan kualifikasi kurang atau hasil belajar mencapai 100%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Majalah

References

Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brannen, Julia. 2005. Memandu Metode Penelitian Kualitatifdan Kuantitatif, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

John W, C. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, kuantiatif, mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

John W, C. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Latif. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Musyarofah. (2017). Pengambangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sutarman. (2016). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (Filosofi, Konsep, Prinsip dan Aplikasi). Bandung: CV Pustaka Setia.

Published

2021-12-30

Issue

Section

Artikel