Penanaman Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengaji Al-Qur’an

Authors

  • Desri Yanti STAI La Tansa Mashiro
  • Nina Jahani

DOI:

https://doi.org/10.55171/jaa.v2i2.605

Abstract

Penelitian mengenai kegiatan subuh mengaji di latar belakangi oleh adanya kegiatan subuh mengaji yang dilakukan oleh santri pondok pesantren salafi di desa Jagabaya, Lebak-Banten, orang tua atau warga sekitar yang mendukung adanya kegiatan subuh mengaji yang di lakukan di desa Jagabaya, Lebak-Banten, keikutsertaan anak usia dini dalam kegiatan subuh mengaji karena ajakan saudaranya yang ikut serta dalam kegiatan subuh mengaji tersebut, serta kegiatan subuh mengaji dilakukan sebagai upaya menekan pada kegiatan negatif remaja dan menumbuhkan kegiatan positif yang bernilai ibadah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemerolehan data dalam penilitian ini menggunakan teknik wawancara. Observasi yang difokuskan pada faktor keikutsertaan anak usia dini dalam mengikuti subuh mengaji. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan dalam penelitian ini, bahwa motivasi anak usia dini dalam mengikuti kegiatan subuh mengaji di Desa Jagabaya, Lebak-Banten lebih didapatkan dari motivasi eksternal, yaitu dukungan orang tua atau pengaruh keluarga, pengaruh lingkungan serta pendekatan dan penerimaan/sikap terbuka yang baik dari pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hijrah yang memberikan kepercayaan kepada warga sekitar Desa Jagabaya untuk dijadikan tempat mempelajari ilmu agama Islam bagi pemuda atau usia sekolah di pondok tersebut.Kata kunci: Motivasi,  Anak Usia, dan Subuh Mengaji

References

Aabidah, Maesaroh.2018.Konsep Pendidikan Islam Terhadap Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Karakter.Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.

Fadillah, Muhammad & Lili.2013.Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep & Aplikasinya Dalam PAUD.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Hardani, dkk.2020.Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Ika, Nur Fatmawati.Literasi Digital Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan Vol 11 No 2 (2019): Agustus 2019.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kartikowati, Endang & Zubaedi.2020.Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini Dan Dimensi -Dimensinya.Jakarta: Prenadamedia Group.

Latifatul, Ida Umroh.Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. Ta’Lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.2 No.2 Juli 2019.Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

Najib,M,dkk.2016.Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Usia Dini.Yogyakarta: Penerbit Gava.

Nashih, Abdullah Ulwan.2020.Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.Jakarta: Penerbit Katulistiwa Perss.

Runjani, Dwi Juwita.Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millenial At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 7 No. 2, Juli 2018.Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun.

Subhan, Fauti.2013. Konsep Pendidikan Karakter Anak Dalam Islam: Studi Atas Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sulhera.2015.Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Abdullah Nashih Ulwan.University of Muhammadiyah Malang.

Tin Surtini.2021,Vol.12, No.1.Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.Universitas Pendidikan Indonesia dpk UPI Kampus Biru Cibiru Bandung.

Zed, Mestika.2014.Metode Penelitian Kepustakaan.Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

http://penerbitbukudeepublish.com

https://kumparan.com/aji-muttaqin, 2017

Published

2021-12-30

Issue

Section

Artikel