Problematika Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Studi Kasus Di Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak
DOI:
https://doi.org/10.55171/jaa.v2i1.599Abstract
Adanya pandemi covid-19 mengharuskan anak untuk belajar di rumah. Seluruh kegiatan belajar siswa dilaksanakan di rumah dengan bimbingan dari orang tua. Sehingga peranan orang tua dalam mendidik anak berada pada urutan pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah dan mendeskripsikan permasalahan secara umum tentang pendidikan anak usia dini ketika belajar dari rumah di Kampung Pasir Kadu Desa Tambakbaya selama pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak ketika belajar di rumah yaitu belum semua orang tua bersedia dan mampu mendampingi anak belajar di rumah karena ada tanggung jawab yang lain seperti urusan kerja, urusan rumah dan sebagainya, penambahan biaya kouta internet, kurang memahami materi anak, dan tidak menggunakan metode yang bervariasi Ketika belajar. Permasalahan tentang pendidikan anak usia dini ketika belajar di rumah yaitu peserta didik mengalami kesulitan untuk konsentrasi dalam belajar dari rumah dan mengeluhkan banyaknya penugasan dari pendidik serta meningkatnya rasa stress dan jenuh akibat isolasi di rumah secara berkelanjutan sehingga berpotensi menimbulkan rasa cemas dan depresi bagi anak, akses ke sumber belajar baik disebabkan karena masalah jangkauan listrik atau internet, maupun dana untuk aksesnya.Kata Kunci: Mendampingi Anak Belajar Di Rumah, Problematika Orang TuaReferences
Afifah, N. (2017). Reward Dan Punishment Bagi Pengembangan Kecerdasan. Jurnal Program studi PGMI, 4 (2), 212-228.
Ahsani. E. L. F. (2020). Strategi orang tua dalm mengajar dan mendidik anak dalam pembelajaran at the home masa pandemic covid-19. 3(1), 37-46.
Alfiansyah, H. R. (2019). The role of parental involvement towards the students’learning motivation. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2292), 276.
Astini, S. K. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu Stkip Agama Hindu Amlapura. 11(2).
Haerudin, Cahyani, A., sitihanifah, N.,Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran otrang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran di rumah sebagai upaya memutus covid-19. Jurnal universitas Singaperbangsa, 1-12.