Penanaman Nilai-nilai Kewirausahaan pada Pembelajaran PAUD
Abstract
Konsep kewirausahaan pada anak usia dini seringkali disepelekan karena dianggap anak usia dini belum mampu memecahkan suatu masalah ekonomi layaknya orang dewasa, namun yang perlu disadari bahwa pendidikan kewirausahaan pada anak sejak dini akan mempengaruhi daya pikir, perbuatan, serta mengasah potensi diri agar mampu bersaing dan mengahadapi tantangan kehidupan khususnya dalam kewirausahaan dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah dapat menguraiakan nilai-nilai kewirausahaan yang dapat ditanamkan pada anak melalui pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data dengan menyusun sumber referensi yang berasal dari artikel jurnal, buku, e-book, penelitian terdahulu yang relevan dan mendukung peneliti. Hasil kajian diperoleh penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pembelajaran PAUD dapat melalui kisah inspiratif, kegiatan karyawisata ke tempat kewirausahaan, bermain peran berkaitan dengan kewirausahaan, bercocok tanam, membuat sebuah produk. Kegiatan kewirausahaan dilingkungan anak usia dini disesuaikan pada tahap perkembangannya yang berorientasi pada bermain seraya belajar. Adapun saran pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, orang tua dan masyarakat harus bekerjasama dalam memfasilitasi dan mendukung kegiatan pembelajaran anak khususnya pada penanaman nilai-nilai kewirausahaan sejak dini, dengan melihat kemajuan dari berbagai aspek dan tuntutan kehidupan yang harus dipenuhi setiap individu, setiap orang dewasa perlu memperhatikan masa depan generasi penerusnya.Downloads
Published
2024-06-15
Issue
Section
Artikel