Problematika Dosen Ilmu Pendidikan Islam Dalam Membina Perilaku Sosial Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.55171/jaa.v4i2.1006Abstract
Dosen perlu menyesuaikan metode dan gaya mengajar mereka supaya para mahasiswa dapat memahami pelajaran dengan benar dan baik. Dalam metode ini, dosen dapat mencoba menggunakan berbagai metode mengajar, seperti pembelajaran aktif, kolaboratif, dan integratif. Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang mempelajari tentang membimbing dan membina mental anak didik sesuai dengan ajaran Islam yang bersumber pada al-Qur'an dan hadits. Perilaku sosial merupakan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan segala perbuatan yang secara langsung berhubungan atau dihubungkan dengan nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat. Problematika pelaksanaan pendidikan bukan hanya berasal dari satu akar masalah saja, tetapi dari berbagai macam elemen pendidikan. Problematika tersebut diantaranya berasal dari dalam diri mahasiswa, dari orang tua dan lingkungan, dari kemampuan dosen yang masih belum maksimal, dari pihak kampus, dan dari pihak pemerintah. Pendidikan agama harus diajarkan secara terus menerus terutama dalam pembelajaran perilaku anak didik seperti mahasiswa. Agar di dalam dirinya tertanam bagaimana cara bersikap yang baik dan tidak dalam melakukan berbagai hal.Kata Kunci : Problematika Dosen, Ilmu Pendidikan Islam dan Perilaku Sosial MahasiswaReferences
Adawiyah, Robiatul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, No. 1
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Ibrahim, Arfah dan Fauza Andriyadi. 2022. “Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Sebagai Pembentukan Karakter Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah AL-IJTIMA`I: International Journal of Government and Social Science. Vol. 7, No. 2.
Rohman, Miftahur. 2016. “Problematika Guru Dan Dosen Dalam Sistem Pendidikan Nasional”. Jurnal Ilmiah Cendekia. Vol. 14 No. 1