Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Di Smp Al Wildan 4 Islamic School Jakarta

Authors

  • Egi Adha Juniawan STKIP La Tansa Mashiro
  • Dwi Yulianto Universitas La Tansa Mashiro
  • Yusup Junaedi Universitas La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/geomath.v4i1.969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk deskripsi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pokok bahasan Bangun Ruang Sisis Datar siswa kelas VIII SMP Al Wildan 4 Islamic School Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel  dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh yakni 15 orang anak dan 3 orang guru kelas VIII SMP Al Wildan 4 Islamic School Jakarta terkait dengan analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS terkait materi tentang bangun ruang sisi datar. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari lembar kerja siswa tersebut penulis menemukan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal hots yaitu: kemampuan analisis siswa sudah cukup baik. Dari soal no 1 siswa menjawab dengan langkah yang benar. Siswa mampu memahami soal dan mampu menyelesaikan soal dengan baik. Dari membuat pemisalan, bentuk persamaan, menentukan nilai buku dan balok kemudian menghitung nilainya. Kemampuan siswa dalam mengevaluasi dalam kategori baik. Dimana siswa telah mampu memberikan penilaian terhadap solusi, gagasan dan metodologi seperti tampak pada gambar 1, dengan menggunakan kriteria yang cocok atau standar yang ada untuk memastikan nilai efektif atau manfaatnya. Kemudian Dari soal no 2 siswa menjawab dengan benar. Namun siswa belum mampu membangun atau merancang langkah-langkah dari penyelesaian jawaban soal tersebut sehingga siswa hanya menjawab dengan singkat tanpa memaparkan caranya. Selain itu, guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal hots dengan cara membuat rubrik penilaian, kemudian guru juga lebih sering memberikan soal hot agar siswa terbiasa sehingga siswa mampu menyelesaikan soal hots tersebut. Selain itu dari hasil wawancara guru menyatakan bahwa masih terdapat siswa yang masih belum memahami dan menyelesaikan soal hots dengan baik, namun guru tetap berusaha memberikan penjelasan lebih maksimal.  Kata Kunci:  Kemampuan Siswa, Soal Hots, Bangun Ruang Sisi Datar

References

Arifin, dan Kurniati. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kesuma, S. (2013). Pengertian Kemampuan dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Carasvatibooks.

Moleong, Lexy J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.

Nuzir, dkk. (2013). Sumber dan Pengumpulan Data Penelitian. Jakarta: Pustaka Raya.

Yulianto, D. (2020). Perbandingan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-18. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i2

Yulianto, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembelajaran Mandiri Berbasis Soal Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus Prodi Pendidikan Matematika STKIP La Tansa Mashiro. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18 – 30. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i2

Published

2023-08-29

How to Cite

Juniawan, E. A., Yulianto, D., & Junaedi, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Di Smp Al Wildan 4 Islamic School Jakarta. GEOMATH, 4(1), 48–60. https://doi.org/10.55171/geomath.v4i1.969

Issue

Section

Artikel