Optimasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menjawab Soal Setara PISA Konten Change And Relationship Melalui Pendekatan Scientifik Terintegrasi pada Model Problem Solving

Authors

  • Dwi Yulianto STKIP La Tansa Mashiro
  • Yusup Junaedi Universitas La Tansa Mashiro
  • Egi Adha Juniawan Universitas La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/geomath.v4i1.968

Abstract

Kemampuan penalaran matematis penting bagi siswa untuk mengembangkan pemikiran logis dan strategi pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil PISA tahun 2018 Indonesia mendapatkan skor matematika yang rendah. Salah satu konten PISA yaitu Change and Relationship. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah pada konten Change and Relationship. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penalaran pada soal setara PISA konten Change and Relationship terhadap 33 orang, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan kelas VIIID SMP Daar El Qolam 2 Tangerang.Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari triangulasi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah; a) kemampuan mengajukan dugaan awal meningkat dari 30,30% menjadi 54,54% (siklus I) dan 90,09% (siklus II); b) kemampuan menemukan pola penyelesaian permasalahan meningkat dari 21,20% menjadi 42,42% (siklus I) dan 69,69% (siklus II); c) kemampuan manipulasi matematika meningkat dari 22,20% menjadi 45,45% (siklus I) dan 63,63% (siklus II); kemampuan menarik kesimpulan meningkat dari 18,18% menjadi 42,42% (siklus I) dan 66,66% (siklus II). Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Problem Solving, Pendekatan Scientifik, PISA konteks Change and Relationship.

References

Anwar, S & Yulianto, D. (2022). Profil Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gender dan Level Sekolah. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 53-71. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i2

Atsnan, M.F., & Gazali, R.Y. (2014). Peneraapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding, ISBN: 978-979-16353-9-4.

Bakri, H. (2009). Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(1).

Brown, J. R., & Dant, R. P. (2008). Scientific Method and Retailing Research: A Retrospective. Journal of Retailing, 84, 1-13.

Handayani, M., Perdana, N. S., & Ukhlumudin, I. (2021). Readiness of Teachers and Students to TakeMinimum CompetencyAssessments. Proceedings of the International Conference onEducational Assessment and Policy (ICEAP 2020), 545, 73–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.067

Leksono, J. W. (2014). Pendekatan Saintifik pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Lexy J Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Modl Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14760

Nurdalilah. (2012). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 2, 109-109.

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Perancis: OECD 2019.

Subadi, T. (2010). Lesson Studi Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas): Suatu Model Pembinaan menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.

Yulianto, D & Juniawan, EA. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Scientifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(1), 1 – 16. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12395

Yulianto, D. (2017). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Structure Exercise Methode (SEM) Berbantuan Mind Map dan Metode Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Universitas Negeri Jakarta.

Yulianto, D. (2020). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Metode Structure Exercise Methode (SEM) Berbantuan Mind Map dan Metode Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 19-27. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i2

Yuniarti, T., Riyadi, Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektrnik Pembelajaran Matematika. 2, 9, 911-921. ISSN: 2339-1685.

Published

2023-08-29

How to Cite

Yulianto, D., Junaedi, Y., & Juniawan, E. A. (2023). Optimasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menjawab Soal Setara PISA Konten Change And Relationship Melalui Pendekatan Scientifik Terintegrasi pada Model Problem Solving. GEOMATH, 4(1), 31–47. https://doi.org/10.55171/geomath.v4i1.968

Issue

Section

Artikel