Optimasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menjawab Soal Setara PISA Konten Change And Relationship Melalui Pendekatan Scientifik Terintegrasi pada Model Problem Solving
Abstract
Kemampuan penalaran matematis penting bagi siswa untuk mengembangkan pemikiran logis dan strategi pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil PISA tahun 2018 Indonesia mendapatkan skor matematika yang rendah. Salah satu konten PISA yaitu Change and Relationship. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah pada konten Change and Relationship. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penalaran pada soal setara PISA konten Change and Relationship terhadap 33 orang, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan kelas VIIID SMP Daar El Qolam 2 Tangerang.Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari triangulasi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah; a) kemampuan mengajukan dugaan awal meningkat dari 30,30% menjadi 54,54% (siklus I) dan 90,09% (siklus II); b) kemampuan menemukan pola penyelesaian permasalahan meningkat dari 21,20% menjadi 42,42% (siklus I) dan 69,69% (siklus II); c) kemampuan manipulasi matematika meningkat dari 22,20% menjadi 45,45% (siklus I) dan 63,63% (siklus II); kemampuan menarik kesimpulan meningkat dari 18,18% menjadi 42,42% (siklus I) dan 66,66% (siklus II).
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Problem Solving, Pendekatan Scientifik, PISA konteks Change and Relationship.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwar, S & Yulianto, D. (2022). Profil Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gender dan Level Sekolah. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 53-71. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i2
Atsnan, M.F., & Gazali, R.Y. (2014). Peneraapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding, ISBN: 978-979-16353-9-4.
Bakri, H. (2009). Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(1).
Brown, J. R., & Dant, R. P. (2008). Scientific Method and Retailing Research: A Retrospective. Journal of Retailing, 84, 1-13.
Handayani, M., Perdana, N. S., & Ukhlumudin, I. (2021). Readiness of Teachers and Students to TakeMinimum CompetencyAssessments. Proceedings of the International Conference onEducational Assessment and Policy (ICEAP 2020), 545, 73–79. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.067
Leksono, J. W. (2014). Pendekatan Saintifik pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Lexy J Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Modl Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).
Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14760
Nurdalilah. (2012). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 2, 109-109.
OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Perancis: OECD 2019.
Subadi, T. (2010). Lesson Studi Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas): Suatu Model Pembinaan menuju Guru Profesional. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.
Yulianto, D & Juniawan, EA. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Scientifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(1), 1 – 16. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12395
Yulianto, D. (2017). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Structure Exercise Methode (SEM) Berbantuan Mind Map dan Metode Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Universitas Negeri Jakarta.
Yulianto, D. (2020). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Metode Structure Exercise Methode (SEM) Berbantuan Mind Map dan Metode Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. GEOMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 19-27. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i2
Yuniarti, T., Riyadi, Subanti, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ilmiah Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektrnik Pembelajaran Matematika. 2, 9, 911-921. ISSN: 2339-1685.
DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v4i1.968
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ATTENTION FOR AUTHORS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Geomath Journal Work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License Without Adaptation.