PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Moh. Rizal Umami STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.55171/geomath.v4i1.967

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematika. Manfaat dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangan di dalam bidang pendidikan demi terwujudnya pelaksanaan pembelajaran yang baik. Metode yang digunakan adalah Metode Survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian angket pada siswa. Sampel yang diambil berasal dari populasi kelas VII SMPN 3 Warunggunung. Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji validitas butir soal yang  berbentuk angket, diuji dengan menggunakan korelasi product moment dengan ketentuan rxy>rtabel dinyatakan valid dengan taraf signifikansi 0,05.Pada kemampuan pemecahan masalah diperoleh 10 soal valid, kecerdasan emosional diperoleh 29 soal valid,dan kedisiplinan belajar diperoleh 28 soal valid. Kata kunci: Kecerdasan emosional, Kedisiplinan belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

References

Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Ali, Muhammad dan Muhammad Ansori. 2005. Psikologi Remaja Dan

Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: BumiAksara.

A.M. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Anshar. 2004. Pengantar Pendidikan. Cetakan 11. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

B.Uno,Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. BumiAksara.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 91–95. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78

Darajat, Zakiyah. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bulan Bintang.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Proses Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Goleman, Daniel. 2013. Emotional Intelegence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Imron, Alih. 2003. Upaya-Upaya Dalam Proses Belajar. Bandung. Rosada.

Mariana, Alti. 2007. Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Proses Belajar. Jakarta.

PT. Gramedia.

Nurdin. 2015. Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Faktor Jurnal Ilmiah K ependidikan, 2(2): 99-108.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sagala, Saiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The impact of independent learning on students’ accounting learning outcomes at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24776

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories : An Educational Perspective. In P. Smith (Ed.), Library of Congress Cataloguing in Publication Data (6th ed.). Pearson Education Allyn & Bacon. https://doi.org/10.1007/BF00751323

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiarti, S. (2018). Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 57. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p57-70

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi Dan Pengukurannya:Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.

Umami, M. R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Journal: Abacus, 43-51.https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus

Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Ali, Muhammad dan Muhammad Ansori. 2005. Psikologi Remaja Dan

Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: BumiAksara.

A.M. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Anshar. 2004. Pengantar Pendidikan. Cetakan 11. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

B.Uno,Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. BumiAksara.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 91–95. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78

Darajat, Zakiyah. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bulan Bintang.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Proses Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Goleman, Daniel. 2013. Emotional Intelegence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Imron, Alih. 2003. Upaya-Upaya Dalam Proses Belajar. Bandung. Rosada.

Mariana, Alti. 2007. Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Proses Belajar. Jakarta. PT. Gramedia.

Nurdin. 2015. Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Faktor Jurnal Ilmiah K ependidikan, 2(2): 99-108.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sagala, Saiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo.

Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The impact of independent learning on students’ accounting learning outcomes at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24776

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories : An Educational Perspective. In P. Smith (Ed.), Library of Congress Cataloguing in Publication Data (6th ed.). Pearson Education Allyn & Bacon. https://doi.org/10.1007/BF00751323

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiarti, S. (2018). Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 57. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p57-70

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi Dan Pengukurannya:Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.

Umami, M. R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Journal: Abacus, 43-51.https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus

Published

2023-08-29

Issue

Section

Artikel