ANALISIS HASIL AKHIR KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5

Yusup Junaedi, Dwi Yulianto, Syahrul Anwar, Moh. Rizal Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan posttest asesmen kompetensi minimun (AKM) pada program kampus mengajar angkatan 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas V di SD Negeri 3 Citeras. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal AKM berupa pilihan ganda kompleks, pilihan ganda, menjodohkan, dan benar salah serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata kemampuan numerasi siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 67%. Kompetensi yang dikuasai oleh mayoritas siswa ialah mengenai pemahaman siswa terhadap bilangan cacah dengan persentase 100%. Kompetensi yang dikerjakan dengan persentasi benar kisaran 50%-60% ialah cara penyajian data sederhana. Sedangkan kompetensi yang termasuk kategori sukar dikerjakan oleh siswa ialah menghitung keliling dan luas persegi panjang bila diketahui panjang dan lebarnya, dan menghitung panjang atau lebar bila diketahui luas/keliling dan salah satu sisinya dengan persentase 3%.

References


Aini, R. N. (2014). Analisis pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah aljabar pada PISA. MATHEdunesa, 3(2).

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2021). Analisis rancangan assesmen kompetensi minimum (akm) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., ... & Rindi Wulandari, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hawa, A. M. (2015, October). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. In SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Merdeka, M. B. K. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

OECD. 2013.PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.Paris: OECD Publishing

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.

Pendidikan, K. (2022). Kebudayaan.(2017). Gerakan literasi nasional. Online),(http://gln. kemdikbud. go. id).




DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v4i1.965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ATTENTION FOR AUTHORS

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Geomath Journal Work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License Without Adaptation.


OFFICE

UNIVERSITAS LA TANSA MASHIRO

Jl. Soekarno Hatta, By pass, Rangkasbitung
Tlp/Fax: +6252 207163/ 206794
E-mail: stkiplatansamashiro@gmail.com
Find My Map Location