Penerapan Bimbingan Rohani (Tutorial) dalam Meningkatkan Disiplin Beribadah Mahasiswi di Asrama Akademi Kebidanan La Tansa Mashiro

Ujang Saefudin Rosyid

Sari


Islamic education or guidance is taught to provide directional, continuous and systematic assistance to each individual so that he can develop the potential or nature optimally so as to live and carry out the tasks in accordance with the guidance of the Qur'an and Hadith. The aims of this research are 1) to know the application of spiritual guidance (Tutorial) in Matthias Academy Dormitory La Tansa Mashiro; 2) Knowing the discipline of student worship at the Mashiro La Tansa Academy Midwife Dormitory; 3) Knowing the application of spiritual guidance (Tutorial) can improve the discipline of worship. The method of this research is qualitative, qualitative research is done on natural condition and discovery. In qualitative research, the researcher is a key instrument. Therefore, researchers must have a stock of theory and extensive insight so can ask, analyze, and construct the object under study becomes more clear. The result of this research is the application of spiritual guidance (tutorial) is any action that shows to form and nurture, and the spiritual guide is someone who can provide assistance to individuals or groups of individuals in developing the potential of mind, mind, soul, faith and belief and can menagani problematics life and life properly and correctly independently in accordance with the provisions and instructions of God to achieve usefulness towards fellow human beings to kebahagian life in the world and akherat.

 

 Pendidikan atau bimbingan rohani Islam diajarkan untuk memberi bantuan yang terarah, kontiniu dan sistematis kepada setiap individu agar ia dapat mengembangkan potensi atau fitrah secara optimal sehingga dapat hidup dan menjalankan tugas sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan Hadist. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan bimbingan rohani (Tutorial) di Asrama Akademi Kebidanan La Tansa Mashiro; 2) Mengetahui disiplin ibadah mahasiswa di Asrama Akademi Kebidanan La Tansa Mashiro; 3) Mengetahui penerapan bimbingan rohani (Tutorial) dapat meningkatkan disiplin ibadah. Metode penelitian yang dilakukan penelitain ini adalah metode kualitatif, Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. Dalam penelitian kualitatif, peneliti merupakan instrument kunci. Oleh karena itu, peneliti harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas jadi bisa bertanya, menganalisis, dan mengkonstruksi objek yang diteliti menjadi lebih jelas. Hasil dalam penelitian ini adalah Penerapan bimbingan rohani (tutorial) merupakan segala tindakan yang menunjukan  untuk membentuk dan memelihara, dan pembimbing rohani yaitu seseorang yang dapat memberikan bantuan terhadap individu atau kelompok individu dalam mengembangkan potensi akal, pikiran, jiwa, keimanan dan keyakinan serta dapat menagani problematika hidup dan kehidupanya dengan baik dan benar secara mandiri sesuai dengan ketentuan dan petunjuk Allah untuk mencapai kebermanfaatan terhadap sesama manusia menuju kebahagian hidup di dunia dan akherat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsimi, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Mursi, Abdul Hamid 2000, Sumber Daya Manusia yang Produktif Pendekatan Al-. Qur'an & Sains, Edisi 4, Yogyakarta: BFFE

Nasution S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Purwanto, Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Sudaryono, Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012

Yusanto Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islam.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Gedung STAI La Tansa Mashiro
Jl. Soekarno Hatta, By pass, Rangkasbitung
Tlp/Fax: +6252 207163/ 206794
E-mail: stai.latansamashiro@gmail.com
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi.