Peran Pondok Pesantren La Tansa Dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Banjar Irigasi Kecamatan Lebakgedong Lebak-Banten

Samudi Samudi

Sari


Pesantren is the oldest Islamic educational institution in Indonesia. He as a community and as an educational institution with a large and wide spread in various parts of the country has given a lot of shares in the formation of religious people. The purpose of this study was to determine the role of the La Tansa Islamic Boarding School in Improving the Education of the Banjar Irigasi Community in Lebakgedong Lebak-Banten District. The method used in this study is to use qualitative research methods with the type of case study method. Based on the results of observations and interviews the Role of La Tansa Islamic Boarding School is an educational institution established to create graduates who have good competence and good character. This makes graduates of the Role of La Tansa Islamic Boarding School ready to serve the community with good religious and general knowledge. The role of the role of Pondok Pesantren La Tansa is by empowering the surrounding community as workers and helping children whose parents are in education, 1) The role of Pondok Pesantren La Tansa is very important in improving public education, especially Banjar irrigation community, 2) With the Pondok Pesantren La Tansa make the mindset of the community about education began to change, which I am interested in education for their children now more important education of their children, 3) With the Pondok Pesantren La Tansa community education Banjar Irrigation the better. While the obstacles faced by Pondok Pesantren La Tansa in improving the education of Banjar irrigation are 1) the lack of interest of the children in the village of Banjar Irrigation to study or study, 2) the low level of Banjar Irrigation community thought about the importance of education, 3) the majority of the Banjar Irrigation community is unable to send their children to school.

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Ia sebagai komunitas dan sebagai lembaga pendidikan yang besar jumlahnya dan luas penyebarannya di berbagai pelosok tanah air telah banyak memberikan saham dalam pembentukan manusia yang relegius. Tujuan Penelitian ini adalah  untuk mengetahui peran Pondok Pesantren La Tansa Dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Banjar Irigasi Kecamatan Lebakgedong Lebak-Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara Peran Pondok Pesantren La Tansa merupakan sebuah lembaga pendidikan yang didirikan untuk menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi yang baik dan berakhlak baik. Hal ini membuat lulusan Peran Pondok Pesantren La Tansa siap mengabdi pada masyarakat dengan bekal ilmu agama maupun umum yang baik. Bentuk-bentuk peranan Peran Pondok Pesantren La Tansa adalah dengan memberdayakan masyarakat sekitar sebagai pekerja dan membantu anak yang orangtuanya dalam hal pendidikan, 1) Peran Pondok Pesantren La Tansa sangatlah peting dalam meningkatkan pendidikan masyarakat, khususnya masyarakat Banjar irigasi, 2) Dengan adanya Pondok Pesantren La Tansa membuat pola pikir masyarakat tentang pendidikan mulai berubah, yang tadinya kurag mementingkan pendidikan bagi anaknya sekarang justru lebih mementingkan pendidikan anaknya, 3) Dengan adanya Pondok Pesantren La Tansa pendidikan masyarakat Banjar Irigasi makin baik. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Pondok Pesantren La Tansa dalam meningkatkan pendidikan masyarakat Banjar irigasi adalah, 1) Kurangnya minat anak-anak di Desa Banjar Irigasi untuk bersekolah atau menuntut ilmu, 2) Rendahnya pola pikir masyarakat Banjar Irigasi mengenai pentingnya pendidikan, 3) Rendahnya ekonomi mayoritas masyarakat Banjar Irigasi sehingga tidak mampu menyekolahkan anaknya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam, Bandung: Remaja Rosada Karya, 2014

Asmani Moh Surya, Bimbingan dan Penyuluhan, Bandung: PT. CV Ilmu, 2011

Dhofier Haidir Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2006

Dhofir Zamakhsyari, Tradisi Pesantren Memandu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa, Yogyakarta: Newesea Press, 2009

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Gunarso, Singgih D.Psikologi Remaja,Jakarta : PT Gunung Mulia, 2013

M. Ridlwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Mardalis, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005

_____, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2016

Muin M. Faiqoh Wakhid Khozin Husen Hasan Basri, Pendidikan Pesantren dan Potensi Radikalisme, Jakarta: CV Prasasti, 2007

Nasution S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Poerwadarmunta Masyhud, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka dan Depag RI, 2015

Quraish, Andi, Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 2009

Soemanto Wasty, Psikologi Pendidikan Landasan Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2009

Sukmadinata dan Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

Sulthon Masyhud dkk, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka dan Depag RI, 2003

Syafrizal, Smart Kids Media Komunikasi Guru PAI, Jakarta : Kementrian Agama RI , 2003

Uno Hamzah B, Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara, 2008

Wahyudi Imam, Manajer Profesionalisme Guru, Jakarta: PPrestasi Pustaka Jakarta, 2012

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Zuhairi, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Ramadani, 2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Gedung STAI La Tansa Mashiro
Jl. Soekarno Hatta, By pass, Rangkasbitung
Tlp/Fax: +6252 207163/ 206794
E-mail: stai.latansamashiro@gmail.com
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi.